Perilaku Konsmen Vegetarian di Samarinda dan Strategi Pengembangan : Studi Kasus Rumah Makan Vegetarian Fortunate Coffee Tahun 2016

Liu, Willyamto Sutardjo (2016) Perilaku Konsmen Vegetarian di Samarinda dan Strategi Pengembangan : Studi Kasus Rumah Makan Vegetarian Fortunate Coffee Tahun 2016. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_1828_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
SP_1828_Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati perilaku konsumen, kepuasan konsumen dan strategi pengembangan yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan rumah makan vegetarian Fortunate Coffee dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan proses analisis yang dimulai dengan menulusuri seluruh data yang ada dari berbagai sumber yaitu menggunakan studi kepustakaan, media internet, wawancara, dan kuisioner. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa rumah makan vegetarian Fortunate Coffee memiliki banyak kelebihan yang dapat mendukung pengembangan, antara lain tempat yang strategis dan nyaman, harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, citarasa makanan yang cukup baik, dan memiliki produk yang di Samarinda baru dijual di rumah makan vegetarian Fortunate Coffee yaitu Roti Vegan. Hambatan yang ditemui adalah kurang inofatif dalam menu selain itu kurangnya promosi melalui media serta tidak adanya pelatihan secara khusus untuk prosedur pelayanan. Hasil temuan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threats), kemudian difomulasikan kedalam matrik SWOT dan akhirnya ditemukan beberapa strategi yaitu strategi SO (strength-opportunity) meningkatkan citarasa menunya. Strategi ST (strength-threats) mempertahankan harga jual produk agar tetap stabil. Strategi WO (weakness-opportunity) diadakan kegiatan seperti seminar vegetarian dan juga event-event menarik. Strategi WT (weakness-threats) perlu adanya peningkatan promosi untuk konsumen, perlu adanya pelatihan secara khusus kepada pelayan dalam prosedur pelayanan, melakukan inovasi dalam bentuk home delivery.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Vegetarian, Perilaku Konsumen, Kepuasan Konsumen, Strategi Pengembangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 01 Aug 2017 05:25
Last Modified: 11 Sep 2017 02:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30506

Actions (login required)

View Item View Item