Mohamad, Cahyo and Lakoro, Rahmatsyam and Putra, Kumara Sadana (2013) Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Surabaya 2014-2015. Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEKO) Kota Surabaya, Surabaya.
Preview |
PDF (Program & Recommendation book for Surabaya Creative Economy roadmap )
Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Surabaya 2014-2015.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Preview |
Abstract
Dalam kurun 10 tahun terakhir, Surabaya menampakkan gejala pertumbuhan di sektor-sektor ekonomi kreatif yang mengarah pada kemandirian ekonomi. Dimotori oleh kaum muda dengan usia 15-45 tahun, sektor-sektor kreatif dapat membangkitkan optimisme bahwa masyarakat Surabaya, dengan segala potensinya dapat memperkuat sektor berbasis pengetahuan dan kreatifitas ini. Ciri yang menonjol dari kelompok ini adalah (1) pelakunya yang masih berusia muda, (2) jenis bisnis yang beragam dan memiliki siklus hidup pendek, serta (3) persaingan tidak terjadi secara langsung lewat kuantitas produksi tetapi kreatifitas menghasilkan inovasi di setiap produknya. Meskipun tidak semua sektor yang telah dipetakan oleh Kementrian Perdagangan pada 2008 berkembang secara simetris, ada beberapa potensi, peluang dan tantangan yang dimiliki oleh para pelaku ekonomi kreatif ini. Untuk dapat mewujudkan secara bertahap kemandirian dan aktualisasi dari para pelaku ekonomi kreatif perlu dirancang suatu peta jalan (roadmap) baik dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat mengakomodasi perkembangan dan menghasilkan iklim yang kompetitif baik di level kota Surabaya, regional Jawa Timur maupun nasional. Kemudahan teknologi saat ini membuka peluang pelaku ekonomi kreatif untuk mengakses dan berbicara dalam persaingan global. Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Surabaya ini disusun untuk jangka pendek 2014-2015 merupakan pandangan awal yang dapat memberikan rekomendasi bagi terciptanya suatu peta jalan yang komprehensif dan diharapkan dapat dijalankan semua pihak yang terkait baik dari pelaku ekonomi kreatif, akademisi dan pemerintah sebagai fasilitator dan regulator. Selanjutnya dapat dikembangkan menjadi rencana aksi bagi setiap elemen Kota Surabaya
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Faculty of Creative Industry > Department of Product Design and Management |
Depositing User: | KUMARA SADANA PUTRA 209014 |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 03:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 15:39 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30815 |
Actions (login required)
View Item |