Pembuatan Sistem Informasi Transaksi Front Office pada Hotel X Berbasis Web

Riawan, Fitra (2017) Pembuatan Sistem Informasi Transaksi Front Office pada Hotel X Berbasis Web. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SI_111_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
SI_111_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/245338

Abstract

Hotel “X” merupakan salah satu hotel yang berada di Soe, NTT. Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang aktifitas tamu yang menginap, seperti penyewaan ruangan pertemuan, penyewaan mobil, restoran, layanan laundry dan layanan room service dengan jumlah kamar sebanyak 30 kamar. Hotel “X” juga memiliki beberapa bagian dan salah satunya adalah bagian front office dimana bagian bertanggung jawab menangani proses reservasi kamar, penyewaan ruangan, check in dan check out tamu. Dalam menjalankan proses bisnisnya bagian front office masih melakukan pencatatan secara manual untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti reservasi kamar, check in, check out dan penggunaan fasilitas selama tamu menginap. Proses pengolahan transaksi secara manual tersebut mengakibatkan pelayanan kepada tamu menjadi kurang efisien dan juga dalam pembuatan berbagai laporan transaksi hotel masih berpeluang terjadinya resiko kesalahan pencatatan data. Melalui proses analisa dan desain yang telah dilakukan, dibuat lah aplikasi sistem informasi transaksi front office berbasis web. Dengan adanya aplikasi berbasis web diharapkan dapat membantu pihak hotel terutama bagian front office dalam mengelola data transaksi tamu serta memudahkan dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan bagi pemilik hotel. Sistem informasi ini dapat membantu dalam pengelolaan transaksi reservasi kamar, proses check in, check out, transaksi restoran, laundry, mini bar, room service dan penyewaan ruangan. Setelah proses desain dilakukan implementasi dengan membuat program sistem informasi berbasis web untuk Hotel “X. Untuk menguji apakah aplikasi yang telah dibuat telah memenuhi kebutuhan, dilakukan uji coba dengan melakukan proses validasi dan evaluasi. Dari hasil uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat membantu pencatatan seluruh transaksi tamu dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Saran yang dapat diberikan untuk sistem ini adalah penambahan fitur yang mendukung tamu untuk melihat semua transaksi yang dilakukan selama menginap di hotel secara online.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, web, Hotel, Front Office
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information System
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:14
Last Modified: 21 Nov 2017 07:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item