Kepastian Hukum Dalam Penyelesaian Kredit Macet Melalui Eksekusi Jaminan Hak Tanggungan Terhadap Sertipikat Hak Tanggungan Yang Hilang

Intan Meithary, Intan Meithary (2017) Kepastian Hukum Dalam Penyelesaian Kredit Macet Melalui Eksekusi Jaminan Hak Tanggungan Terhadap Sertipikat Hak Tanggungan Yang Hilang. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN_347_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MKN_347_Abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247141

Abstract

Sertipikat Hak Tanggungan (SHT) merupakan surat tanda bukti adanya Hak Tanggungan yang dibebankan pada suatu hak atas tanah yang diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota. Sertipikat Hak Tanggungan memuat irah-irah “DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA” yang artinya memiliki kekuatan eksekutorial sama dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Hilangnya Sertipikat Hak Tanggungan akan mengakibatkan kreditur tidak dapat melaksanakan eksekusi jaminan Hak Tanggungan guna keperluan pemenuhan pelunasan utang si debitur. Hal tersebut dikarenakan, terhadap Sertipikat Hak Tanggungan tidak dapat diterbitkan Sertipikat Hak Tanggungan Pengganti. Kreditur sebagai pemegang hak tanggungan yang kehilangan Sertipikat Hak Tanggungan dapat melakukan upaya hukum dengan cara mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri untuk memerintahkan Badan Pertanahan Nasional untuk menerbitkan Sertipikat Hak Tanggungan Pengganti. Dengan diterbitkannya Sertipikat Hak Tanggungan Pengganti, maka kreditur sebagai pemegang hak tanggungan dapat melaksanakan eksekusi jaminan hak tanggungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sertipikat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:22
Last Modified: 22 Nov 2017 07:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31212

Actions (login required)

View Item View Item