Gambaran Penyesuaian Diri dan Persepsi Siswa terhadap Program Pembinaan dan Peraturan Asrama

Swantara, Estella Maria (2003) Gambaran Penyesuaian Diri dan Persepsi Siswa terhadap Program Pembinaan dan Peraturan Asrama. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_347_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_347_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143329

Abstract

Kehidupan sekolah berasrama sangat berbeda dengan kehidupan di rumah. Hidup di asrama membuat siswa harus berada jauh dari orang tua. Para siswa yang biasanya mendapat limpahan kasih sayang orang tua, dapat menikmati segala fasilitas dan bebas mengatur kegiatannya sendiri harus menyesuaikan diri dengan sesama penghuni asrama, suster kepala asrama, peraturan asrama dan program pembinaan yang diterapkan di asrama. Kehidupan di asrama yang berbeda dengan kehidupan di rumah menimbulkan permasalahan yang harus dihadapi. misalnya masalah dalam penyediaan fasilitas, masalah kedisiplinan. masalah dalam pergaulan. yang harus dihadapi baik oleh siswa maupun suster kepala asrama ( Siswoluu:jono, 1976 ). Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui gambaran penyesuaian diri siswa di asrama dan melihat persepsi siswa terhadap program pembinaan dan peratwan asrama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakao angket dengan 2 macam tipe yaitu : angket tipe tertutup dan angket tipe terbuka. Angket tipe tertutup bertujuan untuk mengungkapkan penyesuaian diri siswa. Angket tipe terbuka terdiri dari 3 bagian yaitu: bagian I bertujuan untuk meoguogkap faktor-faktor yang mempeogaruhi penyesuaian diri siswa dan permasalahan di asrama, bagian n bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap program pembinaan, bagian m bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terbadap peraturan yang diterapkan di asrama. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dan analisa data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SMU yang tinggal di asrama, dengau alasan siswa tersebut masih baru memasuki lingkungan asrama sehingga diharapkan dapat memberi masukan. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa gambaran penyesuaian diri siswa menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan penyesuaian diri tcrutama deogan ternan seangkatan dan peraturan asrama. Persepsi siswa terhadap program pembinaan menujukkan bahwa program pembinaan bennanfaat bagi siswa terutama untuk membantu siswa menyesuaikan diri dengan kehidupao di asrama. Sedangkan persepsi siswa terbadap peraturan asrama menunjukkan bahwa disamping mengalami kesulitan dengan peraturan asrama siswa masih dapat merasakan dampak positif dari peraturan asrama. Saran yang diberikan kepada suster kepala asrama dan siswa kelas 1, sebaiknya ada keija sama antara suster dengan siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi., karena dengan adanya kesepakatan antara suster kepala asrama dan siswa akan sangat membantu siswa untuk menyesuaikan diri dengan kehidupao di asrama. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melihat faktor-faktor internal seperti sifat dasar yang dimiliki siswa, faktor kebutuhan siswa yang berkaitan dengan perhatian yang diperoleh siswa, perasaan nyaman dan aman. serta faktor pembentukan kebiasaan dirumah yang ikut mempengaruhi penyesuaian diri siswa dengan kehidupan di asrama.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:08
Last Modified: 05 Dec 2017 01:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31334

Actions (login required)

View Item View Item