Hubungan antara Kualitas Layanan dan Citra Merek dengan Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia

Wigiyanto, Hasita Novianingtyas (2017) Hubungan antara Kualitas Layanan dan Citra Merek dengan Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1179_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1179_Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247693

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan suatu perilaku pembelian berulang secara teratur yang dilakukan oleh pelanggan (Griffin, 1995). Menurut Marconi (dalam Fajrianthi & Farah, 2005) ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi loyalitas pelanggan, yaitu layanan yang memiliki kualitas yang baik dan merek mempunyai citra yang baik. Subjek dalam penelitian ini adalah keluarga, kerabat maupun kenalan mahasiswa Universitas Surabaya yang telah bekerja dan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia minimal 2 kali dalam satu tahun terakhir dengan jumlah 350 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan sebuah survey dengan membagikan kuisioner. Kuisioner digunakan untuk mengungkap loyalitas pelanggan dengan menggunakan aspek-aspek yang ada didalam kualitas layanan dan citra merek. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik regresi ganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini : 1) kualitas layanan dan citra merek secara bersama-sama berhubungan dengan loyalitas pelanggan (r = 0,794; p<0,05). Kualitas layanan dan citra merek memiliki sumbangan efektif dengan loyalitas pelanggan sebesar 79,4%. 2) kualitas layanan memiliki hubungan dengan loyalitas pelanggan (r = 0,334; p<0,05). 3) citra merek memiliki hubungan dengan loyalitas pelanggan (r = 0,606; p<0,05). Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan faktor-faktor yang dapat memengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kualitas layanan dan citra merek yang dikemukakan oleh Marconi. Implikasi dari penelitian ini, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan dan membuat citra perusahaan semakin baik. Pelanggan dapat mempertahankan loyalitas maupun meningkatkan loyalitas sehingga saling memberikan keuntungan baik bagi perusahaan maupun pelanggan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Dec 2017 07:43
Last Modified: 07 Dec 2017 07:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31353

Actions (login required)

View Item View Item