Persepsi Perawat Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefaramasian Di Puskesmas Wilayah Surabaya Timur

PUSPARINI, RATRI (2012) Persepsi Perawat Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefaramasian Di Puskesmas Wilayah Surabaya Timur. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231554

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.(PP nomor 51, 2009). Upaya penyembuhan pasien dilakukan oleh berbagai profesi kesehatan diantaranya Dokter,Apoteker dan perawat. Untuk itu Apoteker harus mampu berkomunikasi dengan tenaga kesehatan lainnya untuk berkolaborasi dalam menetapkan terapi dalam rangka mendukung penggunaan obat yang rasional.(Menkes, 2004). Telah dilakukan penelitian prospekstif yang bersifat non-eksperimental dengan rancangan analisis deskriptif mengenai persepsi perawat terhadap peran Apoteker dalam pelayanan kefarmasian di puskesmas wilayah surabaya timur. Jumlah sampel yang digunakan adalah perawat yang aktif bekerja di puskesmas wilayah Surabaya Timur yang bersedia dan telah bekerja minimal satu tahun. Terdapat 60 responden yang bersedia ikut serta dalam penelitian. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa persepsi perawat di Surabaya Timur ditinjau dari aspek penerimaan dan pengalaman cenderung cukup (58,33%) sampai baik (31,6%), hanya 10% responden yang memberi nilai kurang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi perawat, Peran apoteker, pelayanan kefarmasian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 14 Feb 2013 08:30
Last Modified: 14 Feb 2013 08:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3136

Actions (login required)

View Item View Item