Pengaruh Warna Logo Brand terhadap Brand Personality

Chandra, Gracia Diva (2017) Pengaruh Warna Logo Brand terhadap Brand Personality. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1173_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1173_Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247671

Abstract

Brand personality, merupakan salah satu aspek brand image yang dikenalkan oleh Aaker (1997). Keberadaan brand personality menjadi penting untuk mempermudah konsumen membedakan suatu brand dengan brand lainnya. Karakteristik kepribadian tertentu suatu brand dapat menarik segmentasi pasar tertentu juga. Melihat pentingnya peran brand personality, maka diperlukan cara yang tepat untuk menunjukkan brand personality kepada konsumen. Salah satunya dengan memanfaatkan logo sebagai merupakan elemen dari brand dan faktor pembentuk brand personality. Logo menjadi elemen brand yang penting, karena logo merupakan alat komunikasi visual lintas bahasa. Logo mempermudah perusahaan memperkenalkan brand ke berbagai wilayah, bahkan sampai wilayah dengan tingkat literasi rendah. Dari berbagai elemen logo, penelitian ini secara khusus melihat pengaruh warna logo terhadap brand personality. Warna lebih mudah menyampaikan informasi terkait perusahaan dan lebih mudah diingat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh warna pada logo brand terhadap brand personality, menggunakan metode eksperimen dengan desain within-group,randomized one-way ANOVA. Partisipan terdiri dari 25 laki-laki dan 27 perempuan mahasiswa S1 Universitas Surabaya yang dibagi ke dalam 6 kelompok perlakuan. Terdapat 6 variasi perlakuan berupa enam warna logo merah, kuning, hijau, biru, putih, dan hitam. Variabel brand personality (dibagi ke dalam 5 dimensi, excitement, competence, peacefulness, sincerity, dan sophistication) diukur menggunakan Japanese Brand Personality Scale yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hasilnya, dalam setiap dimensi brand personality, terdapat setidaknya satu warna yang memiliki pengaruh berbeda (p.1-tailed ANOVA< 0.05). Warna kuning paling kuat memengaruhi dimensi excitement dan sincerity, sedangkan warna putih paling kuat memengaruhi dimensi peacefulness dan sophistication. Pada dimensi competence, terdapat beberapa warna yang memiliki kekuatan pengaruh kurang lebih sama, yaitu biru, hitam, merah, dan putih

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: brand personality, logo, warna, brand image
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Dec 2017 09:06
Last Modified: 13 Dec 2017 09:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item