Persepsi Mahasiswa Universitas Surabaya Tahun Akademik 20042005 Terhadap Kegiatan Pendampingan

Wanodya, Khristia Lita (2006) Persepsi Mahasiswa Universitas Surabaya Tahun Akademik 20042005 Terhadap Kegiatan Pendampingan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_239_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_239_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151918

Abstract

Mahasiswa bam adalah sosok manusia dewasa yang mulai memasuki pemantapan jati diri dalam lingkungan sosial dan akademik yang bam. Untuk membantu mahasiswa bam menyesuaikan diri dengan lingkungan pembelajaran yang bam, maka dilaksanakan kegiatan pendampingan bagi mahasiswa semester satu sampai dengan semester dua. Dari basil survei awal didapatkan data bahwa tidak semua mahasiswa barn merasa terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi mahasiswa bam Tahun Akademik 2004-2005 terhadap materi, metode, waktu dan terhadap karakteristik mahasiswa pendamping (maping) pada kegiatan pendampingan di Universitas Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, analisis data dignnakan teknik statistik deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan, data diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan prosentase. Basil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh komponen pendampingan yang ada, terlihat bahwa subyek cenderung memiliki persepsi yang cukup terhadap kegiatan pendampingan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, subyek cenderung memiliki persepsi positif terhadap materi yang diberikan. Sedangkan metode yang digunakan untuk menyampaikan materi pendampingan tergolong cukup positif Metode yang digunakan membahas masalah kuliah, yakni metode diskusi, paling banyak dipersepsi positif oleh subyek. Metode diskusi juga merupakan metode yang paling banyak disukai subyek.Tidak ada kategori persepsi yang sangat dominan apabila ditinjau dari komponen waktu. Subyek cenderung memiliki persepsi positif terhadap karakteristik maping. Dari seluruh komponen pendampingan yang diteliti, komponen maping adalah komponen yang paling banyak dipersepsi positif oleh subyek. Saran yang bisa diberikan antara lain: mungkin pihak Universitas perlu mempertimbangkan untuk membentuk konselor sebaya mengingat pendampingan yang dilakukan oleh ternan sebaya banyak diminati oleh mahasiswa, dan untuk maping dapat menggunakan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi. Misalnya memberikan games atau dapat juga dengan mengadakan pendampingan di luar kampus seperti mengadakan acara makan atau nonton bersama sehingga dapat menarik minat mahasiswa yang didampingi untuk mengikuti pendampingan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, maping, pendampingan, persepsi IX
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:54
Last Modified: 04 Jan 2018 00:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item