Interpolasi Gerakan Rotasi Animasi 3D menggunakan Bilangan Quartenion dan Implementasinya pada Fungsi SLERP (Spherical Linear Interpolation)

Arwoko, Heru and Asmawati, Endah and Limanto, Susana (2018) Interpolasi Gerakan Rotasi Animasi 3D menggunakan Bilangan Quartenion dan Implementasinya pada Fungsi SLERP (Spherical Linear Interpolation). In: Prosiding SENIATI: Inovasi dan Implementasi Green Technology. Technology . Institut Teknologi Nasional Malang, Malang, pp. 1-7. ISBN 2085-4218

[thumbnail of INTERPOLASI GERAKAN ROTASI ANIMASI 3D MENGGUNAKAN BILANGAN QUARTENION DAN IMPLEMENTASINYA PADA FUNGSI SLERP (SPHERICAL LINEAR INTERPOLATION_Seniati.pdf]
Preview
PDF
INTERPOLASI GERAKAN ROTASI ANIMASI 3D MENGGUNAKAN BILANGAN QUARTENION DAN IMPLEMENTASINYA PADA FUNGSI SLERP (SPHERICAL LINEAR INTERPOLATION_Seniati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Interpolasi animasi obyek 3D memiliki peranan penting pada pembuatan film 3D. Pada animasi gerakan memutar dapat digunakan aplikasi bilangan quaternion untuk menghasilkan interpolasi yang bagus. Rotasi vektor menggunakan bilangan quaternion berhasil diterapkan pada saat interpolasi rotasi obyek dari satu keyframe ke keyframe yang lain. Interpolasi quartenion pada fungsi SLERP, spherical linear interpolation memiliki hasil interpolasi yang bagus. Sedangkan fungsi lainnya yaitu LERP, linear interpolation menghasilkan interpolasi rotasi yang lebih jelek. Pada artikel ini dijelaskan mendetail fungsi SLERP yang sangat menguntungkan pada pembuatan animasi 3D saat gerakan memutar dibandingkan hasil fungsi LERP.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: interpolasi, animasi, quaternion, rotasi vektor, SLERP, LERP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Susana 6169
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:35
Last Modified: 24 Mar 2021 16:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31508

Actions (login required)

View Item View Item