Pengaruh Persepsi Transparansi Aliran Dana Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Pajak di KPP Pratama Sawahan Surabaya

Wiratama, Yumico Patricia (2017) Pengaruh Persepsi Transparansi Aliran Dana Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Pajak di KPP Pratama Sawahan Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4167_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_4167_Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/248742

Abstract

Rendahnya kepatuhan penyampaian pajak (tax compliance) di Indonesia masih menjadi rintangan yang berat bagi pemerintah, terutama aparat pajak. Hal ini pun berimbas kepada rasio penerimaan pajak Indonesia yang berada di angka 11% pada tahun 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak pun menjadi topik yang menarik bagi pemerintah, akademis, maupun masyarakat umum. Terlebih lagi dengan banyaknya kasus-kasus pajak yang bermunculan dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah harus bekerja keras untuk mengembalikan citra perpajakan Indonesia di mata masyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi transparansi dana pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan pajak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang wajib pajak orang pribadi yang terdaftar dan berstatus efektif di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sawahan Surabaya dan kemudian dianalisa dengan analisis regresi linier berganda Hasil uji F dan t menunjukkan bahwa hanya variabel persepsi sanksi pajak yang memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kepatuhan pajak, sedangkan variabel persepsi transparansi dana pajak dan persepsi kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap kepatuhan pajak. Namun secara bersamaan, ketiga variabel ini memiliki pengaruh terhadap kepatuhan pajak walau hanya mampu menjelaskan variabel kepatuhan pajak sebesar 6,5%.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi Wajib Pajak, Transparansi Dana Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:53
Last Modified: 01 Mar 2018 08:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31766

Actions (login required)

View Item View Item