Analisa Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Kosmetika Di Jayanata

Vonny, Yustina (1999) Analisa Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Kosmetika Di Jayanata. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231082

Abstract

Di era globalisasi saat ini, kebutuhan manusia terhadap produk atau jasa yang dapat menunjang kehidupannya makin bertambah. Salah satunya adalah kepedulian kaum wanita yang tinggal di kota-kota besar seperti di Surabaya yang tahu akan pentingnya suatu penampilan. Penggunaan suatu produk kosmetik menjadi salah satu penunjang bagi kaum wanita agar selalu tampil cantik, menarik, anggun dan penuh percaya diri dalam melaksanakan berbagai aktivitasnya sehari-hari. Dengan semakin banyaknya pesaing yang juga menjual produk kosmetik yang sejenis dan terletak pada tempat-tempat yang berbeda-beda, mengakibatkan konsumen mempunyai banyak alternatif pilihan untuk membeli produk kosmetik tersebut. Dengan banyaknya alternatif pilihan produk tersebut, maka konsumen akan semakin selektif dalam pembelian produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu Jayanata sebagai salah satu salon yang menjual produk-produk kosmetik memerlukan suatu rancangan strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan agar konsumen tetap loyal kepada produk kosmetiknya dan tidak berpindah ke kompetitor, bahkan harus bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan cara menarik minat konsumen yang belum loyal agar menjadi loyal. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada konsumen yang membeli produk kosmetik di salon kecantikan Jayanata tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen yang akhirnya diharapkan untuk dapat meningkatkan volume penjualan produk kosmetik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum, analisis cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan yang bertujuan mengetahui latar belakang dari cluster yang terbentuk. Kemudian diadakan analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan-kelemahan pada masing-masing kelompok cluster yang terbentuk. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu Jayanata untuk menyusun strategi pemasaran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut sehingga konsumen dapat menjadi loyal dan pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kelompok konsumen, dimana masing-masing kelompok memiliki tingkat loyalitas yang berbeda. Untuk cluster 2 tingkat loyalitasnya lebih tinggi daripada cluster 1. Sedangkan dilihat dari kepuasannya, cluster 2 memiliki kepuasan yang lebih tinggi dibanding dengan cluster 1.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 19 Feb 2013 10:42
Last Modified: 19 Feb 2013 10:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item