Hubungan Antara IPK dan Poin Kegiatan Kemahasiswaan Unsur Penalaran Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Sumino, Rizky Ariyanto (2018) Hubungan Antara IPK dan Poin Kegiatan Kemahasiswaan Unsur Penalaran Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_491_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_491_Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249717

Abstract

Prestasi akademik di perguruan tinggi sering kali menjadi penghambat tersendiri di dunia kerja, pengalaman seseorang mengikuti kegiatan kemahasiswaan serta nilai IPK dengan standar tertentu akan menjadi bahan pertimbangan dalam proses rekruitmen. Dibutuhkan keseimbangan antara nilai IPK dan poin kegiatan kemahasiswaan agar seorang mahasiswa tidak masuk dalam julukan mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang). Dalam kegiatan kemahasiswaan terdapat beberapa aspek yang membedakan kegiatan tersebut. Terdapat 4 aspek yang menjelaskan yaitu dasar, penalaran, bakat minat, pengabdian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara IPK dan poin kegiatan kemahasiswaan unsur penalaran di dalam maupun di luar lingkungan kampus Universitas Surabaya berdasarkan buku pedoman kemahasiswaan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket online yang disusun berdasarkan buku pedoman kemahasiswaan untuk mengukur kegiatan kemahasiswaan unsur penalaran dan menggunakan database dari My ubaya untuk mengetahui IPK mahasiswa. Dari penelitian ini terdapat partisipan 451 orang dari angkatan 2013 sampai 2016 yang masih aktif kuliah di Fakultas Psikologi Ubaya. Dari data tersebut ditemukan data yang tidak terdistribusi dengan normal sehingga peneliti menggunakan uji korelasi non-parametrik. Setelah melakukan uji hipotesis menggunakan korelasi non- parametrik, ditemukan adanya korelasi kendall (r) sebesar 0,102 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,002, sedangkan pada indeks spearman (r) sebesar 0,147 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,02. Tinggi rendahnya IPK berhubungan dengan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan. Saran untuk peneliti selanjutnya melakukan survei secara terencana untuk waktu dan tempat tujuannya untuk mendapat ingatan responden secara maksimal agar data valid.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 17 May 2018 07:53
Last Modified: 17 May 2018 07:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

View Item View Item