Keterampilan Menjelaskan dan Keterampilan Bertanya Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Deskriptif)

Rosanty, Herra Dwi (2005) Keterampilan Menjelaskan dan Keterampilan Bertanya Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Deskriptif). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_201_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_201_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151943

Abstract

Tujuan guru dalam menjelaskan adalah siswa memperoleh proses penalaran dan pemahaman mengenai pokok bahasan tertentu dari suatu bidang studi, oleh karenanya guru harus dibekali dengan keterampilan menjelaskan. Selain menguasai keterampilan menjelaskan guru juga harus menguasai keterampilan bertanya, karena pertanyaan yang diajukan guru dapat mendorong kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan basil survey awal terdapat siswa yang mengeluh mengenai cara guru dalam menjelaskan materi pelajaran diantaranya guru menjelaskan dengan terlalu cepa1, membingungkan, tidak berbubungan dmgan topik atau pokok bahasan, jarang memberikan contoh nyata atau praktek, sehingga siswa merasa tidak dapat menerima dan memahami materi yang disampaikan. Sedangkan cara guru dalam bertanya masih lebih banyak memberikan pertanyaan secara individual khususnya pada siswa yang paling pintar dan disenangi. Selain itu terdapat guru yang bertanya dengan mengancam dan lebih cenderung memberikan pertanyaan yang sifatnya hafalan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 02:43
Last Modified: 18 May 2018 02:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32362

Actions (login required)

View Item View Item