Penerapan Strategi Marketing Mix Untuk Produk Ikan Kaleng Di PT. Rex Canning Bangil

Njoto, Shinta (1996) Penerapan Strategi Marketing Mix Untuk Produk Ikan Kaleng Di PT. Rex Canning Bangil. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231084

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut memberikan suatu keuntungan tersendiri. Dengan melimpahnya hasil ikan di perairan Indonesia akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan negara dan masyarakat. Salah satu cara pemanfaatan yang paling potensial adalah dengan pengalengan ikan baik itu untuk keperluan dalam negeri maupun untuk diekspor ke negara lain. Banyaknya perusahaan pengalengan ikan pada saat ini, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat di antara para produsen dalam usaha menarik minat para konsumen dengan menawarkan kelebihan-kelebihan dari produknya, harganya serta menggencarkan kegiatan promosi dan iklan produk perusahaannya. PT. Rex Canning selaku produsen untuk ikan kaleng, juga terlibat di dalam persaingan tersebut. Dan untuk menghadapinya perusahaan dituntut untuk mengetahui peluang-peluang yang ada yang nantinya akan berguna sebagai bahan informasi untuk penyusunan dan perancangan strategi pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan segi marketing mix-nya yaitu dari segi produk, harga, saluran distribusi dan promosinya. Adapun metode yang digunakan untuk menunjang survey adalah analisa persentase pendapat responden, analisa tabel kontigensi dengan Chi Square testnya, analisa faktor dan pengukuran sikap konsumen dengan menggunakan Skala Likert. Dari hasil analisa dan perhitungan data akan disusun suatu strategi pemasaran bagi perusahaan, yaitu strategi produk dengan inovasi produk, pertingkatan kualitas, pembaharuan desain dan warna kemasan. Strategi untuk bersaing dengan masuk sebagai pengikut pasar yang diikuti dengan penetrasi harga di pasar. Dari hasil analisa faktor diketahui bahwa faktor yang perlu untuk diperhatikan adalah faktor yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli sebuah produk, faktor yang menjadi ciri khas dari sebuah produk dan faktor yang diharapkan konsumen di dalam sebuah produk ikan kaleng. Strategi untuk menarik minat konsumen dengan cara mengiklankan produk perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 21 Feb 2013 10:29
Last Modified: 21 Feb 2013 10:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item