Analisa Perubahan Pola Dan Perilaku Belanja Rumah Tangga Di Surabaya Pada Masa Krisis Terhadap Produk Toiletries

., Elisabeth (1999) Analisa Perubahan Pola Dan Perilaku Belanja Rumah Tangga Di Surabaya Pada Masa Krisis Terhadap Produk Toiletries. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231086

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia ternyata membawa pengaruh pada pola dan perilaku konsumen. Berbagai penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa pada masa krisis ini, konsumen akan melakukan berbagai pertimbangan dalam membeli produk. Pada produk roilteries, yang merupakan produk yang diperlukan secara rutin, ternyata juga mengalami dampak krisis ekonomi. Berbagai atribut yang pada mulanya tidak begitu dipertimbangkan dalam membeli produk. kini mulai dianggap penting: Sedangkan hal-hal yang tidak begitu penting (misal: merk produk) mulai ditinggalkan. Untuk harga, umumnya mereka masih menggunakan produk yang sama dengan masa sebelum krisis yaitu produk yang lebih murah. Karena mereka harus mencukupkan belanja rumah tangganya mengingat harga saat ini melambung tinggi. Pada sebagian kecil masyarakat, justru berpindah ke merek produk yang lebih mahal. Hal ini disebabkan karena mereka mencari produk toilteries dengan kualitas yang lebih baik. Dari hasiJ pengolahan data dengan Analisis Cluster, didapatkan 3 segmen psikografi, yaitu: Pusher. Affluents, dan Socialities. Untulk selanjutnya segmen psikografi tersebut akan menjadi dasar penyusunan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan pola dan perilaku belanja mereka di masa sekarang. Produsen dan pemasar produk toilteries harus cepat tanggap dengan adanya perubahan ini. Bahkan sedapat mungkin mampu menggunakan setiap peluang yang ada di masa krisis untuk mengunggulkan produknya di pasaran. Untuk itu, produsen dan pemasar harus dapat menyusun strategi dengan tepat, sesuai dengan target market yang ingin diraih. Pada penelitian Tugas Akhir ini, kami mencoba menyusun kerangka pemikiran strategi berdasarkan segmen yang kami amati. Semoga Tugas Akhir kami dapat berguna, terutama bagi para produsen dan pemasar dalam menghadapi masa krisis sekarang ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 22 Feb 2013 09:29
Last Modified: 22 Feb 2013 09:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item