Pengaruh Cara Pengeringan serta Usia Daun Terhadap Kadar Total Tanin Daun Jati (Tectona grandis L.) dan Daun Kersen (Muntingia calabura L.)

Jayani, Nikmatul Ikhrom Eka and Palupi, Sajekti and Wulandari, Dianifta Hanis and Sani, Fitriana (2017) Pengaruh Cara Pengeringan serta Usia Daun Terhadap Kadar Total Tanin Daun Jati (Tectona grandis L.) dan Daun Kersen (Muntingia calabura L.). Institut Pertanian Bogor, BOGOR. (Submitted)

[thumbnail of presentation oral tanin] PDF (presentation oral tanin)
ISNM Tanin ppt.pdf - Presentation
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanin total pada daun jati (Tectona grandis L.) dan daun kersen (Muntingia calabura L.) muda dan tua dengan cara pengeringan oven dan angin-angin. Penetapan kadar tanin total menggunakan Folin Ciocalteau yang dikombinasi dengan PVPP (Polyvinylpolypyrrolidone) dan dianalisis dengan spektrofotometri UV-Visible. Dalam penelitian ini daun muda dan tua dikeringkan secara alami dengan angin-angin dan dengan oven suhu 60°C. Setelah proses pengeringan, daun dihaluskan hingga menjadi serbuk simplisia. Serbuk simplisia kemudian diekstraksi menggunakan aseton 70%. Hasil penelitian menunjukkan total tanin daun jati muda dan tua yang dikeringkan dengan oven 0.42 dan 0.41 % GAE. Sedangkan pada daun jati muda dan tua yang dikeringkan dengan angin 0.81 dan 0.63 % GAE. Selanjutnya pada daun kersen muda dan tua yang dikeringkan dengan oven 2.18 dan 0.94% GAE. Pada daun kersen muda dan tua yang dikeringkan dengan oven 3.16 dan 1.91% GAE. Hasil Uji statistika dengan ANOVA dua arah menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada cara pengeringan terhadap kadar tanin total baik pada daun jati maupun daun kersen. Usia daun muda dan tua juga menunjukkan hasil yang berbeda secara signifikan terhadap total tanin pada kedua daun tersebut.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Tanin total, Pengeringan, Usia daun, Kersen, Jati
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: NIKMATUL IKHROM EKA JAYANI
Date Deposited: 29 Jun 2018 08:20
Last Modified: 29 Jun 2018 08:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32578

Actions (login required)

View Item View Item