Rusly, Linda (2005) Perancangan dan Analisis Kelayakan Pemasaran Kacamata Dribble yang Ergonomis. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2506_Abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
MBTC(Mahaka Basketball Training Camp) merupakan salah satu sekolah basket yang sangat ingin memajukan olahraga basket di tanah air, karena itu banyak program dan tindakan yang telah dilakukan oleh MBTC. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan dribble dari siswanya. Usaha yang dilakukan selama ini belum maksimal karena belum ada alat bantu yang pas dan efektif Alat bantu berupa kacamata dribble yang pernah dipakai ukurannya tidak sesuai dengan siswa MBTC yang sebagian besar anak-anak usia 6-12 tahun dan tidak efektif dalarn meningkatkan· kemampuan dibble siswa. Muneulnya masalah ini membuat terdapatnya kesempatan untuk melakukan penelitian untuk memperbaiki alat yang telah ada bahkan merancang kacamata dribble dengan desain yang baru dan memiliki dimensi yang pas untuk anak-anak usia 6-12 tahun serta efektif dalam meningkatkan kemarnpuan dribble pemakai. Penelitian difokuskan pada peraneangan kaearnata yang berdasarkan dimensi tubuh pemakai dan keinginan dari ealon pembeli dan pengguna kacamata. Selain itu juga dilakukan analisis kelayakan dalarn pemasaran kaearnata berdasarkan data-data pasar, teknis dan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 20 orang pelatih dari MBTC dan Kobanita. Setelah melakukan pengumpulan data dan anal isis hasil pengolahan data, diketahui bahwa kacamata dnhble yang Ielah ada kebesaran dan menimbulkan rasa sakit pada bagian hidung dan mata, karena itu kacarnata baru dirancang dengan menggunakan data antropometri siswa dan memakai bahan dasar plastik yang lunak. Kacarnata baru memiliki Iebar 13 em, Iebar bagian hidung 2.25 em dan panjang bagian samping 7 em. Hasil dari perancangan adalah 95% siswa tidak merasakan sakit lagi dan kacamata efektif dalarn meningkatkan kemarnpuan siswa melakukan latihan Harrison Dribble Test. Terjadi kenaikan jumlah kerueut sebesar 31.28% dan hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pelatih. Kondisi kesehatan siswa saat melakukan tes adalah sehat doogan pengukuran denyut nadi dan suhu badan yang berada dalarn range yang ditentukan tim medis MBTC. Setelah itu dilakukan analisis kelayakan pemasaran kacarnata dribble tersebut, hasil yang didapatkan adalah kacarnata dribble tersebut layak untuk dipasarkan. Pertimbangannya karena Total Project Cost (TPC) yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 33.514.900,00 dan menghasilkan Net Presem Value (NPV) sebesar Rpl06.526.266,00 dengan Minimum Attractive Rate of Return (MARR) sebesar 18%. Internal Rate of Return (IRR) dari investasi ini adalah sebesar 474.5% dengan discounted payback period selama 3.8 bulan. Dari hasil analisis sensitivitas diketahui bahwa investasi ini masih layak apabila teijadi penurunan nilai harga jual maksimal sebesar 45.7% pertahun dan penurunan sales maksimal sebesar 45.7% pertahun. Harga jual kacamata dribble adalah sebesar Rp. 67.600,00 per unit. Dengan berbagai strategi dan taktik pemasaran yang dibahas termasuk cara-eara promosi investasi kacamata dribble ini dapat memberikan keuntungan yang diharapkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 02:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 02:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |