Perancangan Model Matematis Untuk Suply Chain Network

Chandra, Fanny (2004) Perancangan Model Matematis Untuk Suply Chain Network. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2239_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2239_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135652

Abstract

Supply chain network adalah suatu konsep pengintegrasian anggota-anggota supply chain yang terdiri dari pemasok -pabrik -pusat distribusi -retailer. Dalam rangka pengintegrasian tersebut, muncul batasan-batasan yang ada di setiap anggota supply chain untuk mencapai tujuan yakni meminimalkan biaya sehingga diperoleb basil yang bersifat global optimum. Selama ini belum ada suatu model matematis yang dapat menggambarkan supply chain network secara keseluruhan untuk mencapai kondisi global optimum terbadap keputusan-keputusan jangka panjang. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, dilakukan studi literatur untuk memahami pengembangan model matematis yang selama ini telah ada Langkah berikutuya adalah mengembangkan model yang selama ini telah ada lalu menganalisis model tersebut pada tahapan validasi dan analisis sensitivitas dengan bantuan software Lingo 8.0. Aktivitas yang teJjadi di pemasok adalah menyediakan pesanan dari pabrik berupa material. Aktivitas yang teJjadi di pabrik adalah proses mengubah material sampai menjadi sebuah produk sesuai dengan target pemenuhan pesanan. Aktivitas yang teJjadi di distributor adalah pengadaan dan penyimpanan produk sebelum didistribusikan ke pihak retailer. Retailer sebagai konsumen akhir dalam model matematis supply chain · network sebingga dari sisi pengeluaran tidak dikenai biaya apapun. Ada 3 tahapan pengembangan model, yang pertama adalah design model penentuan lokasi yang akan didirikan (keputusan pemilihan lokasi pabrik maupun distributor yang akan dibuka) dan didapatkan hasil bahwa proporsi biaya terbesar hingga terkecil adalah: pabrik yang meliputi biaya variabel operasional, biaya produksi, biaya tetap operasional, biaya pembelian material, biaya pendirian, dan biaya transportasi produk sampai ke distributor yakni total sebesar 60,78%, distributor yang meliputi biaya variabel operasional, biaya tetap operasional, biaya penanganan dan perpindaban barang, biaya pendirian, dan biaya transportasi produk sampai ke retailer yakni total sebesar 38,80o/o, serta pemasok yakni biaya transportasi material sebesar 0,41 %. Model kedua membahas mengenai keputusan design dan redesign terhadap supply chain yang sudab ada (keputusan mempertabaukan, menutup maupun mengubah kapasitas pabrik yang telah didirikan) dan diperoleh basil bahwa proporsi biaya yang teJjadi adalah: di pabrik (60,33%), di distributor (39,27%), dan di pemasok (0,40%). Sedangkan model ketiga merupakan pengembangan dari model pertama dengan tambahan keputusan pemiiihan jenis teknologi baik di pabrik maupun di distributor. Proporsi biaya yang terjadi adalah: di pabrik (55,63%), di distributor (43,89"/o), dan di pemasok (0,48%). Oleh kareua itu, dalam mengambil keputusan selalu mendahulukan variabel biaya yang teljadi di pabrik karena mempunyai dampak yang besar. Selain itu, model-model yang telah dikembangkan juga sensitif terbadap perubahan permintaan akan produk 3 (memiliki karakteristik: bentuknya yang kompleks dan tersusun atas banyak material). Penambahan 1 unit permintaan akan produk 3 akan menyebabkan penurunan total biaya antara $ 110,21 sampai dengan $129,2. Dengan adanya model matematis yang bersifat global optimum terbadap keputusan-keputusan jangka panjang, disarankan pemodel berikutnya agar lebih mengembangkan model-model dengan menghilangkan asumsi bahwa biaya variabel bersifat linear, menambahkan batasan integer, memperhibmgkan nilai sisa sebagai pengurangan biaya, serta memperhatikan pendapatan dalam pengembangan model matematis supply chain network sehingga fungsi tujuannya adalah memaksimalkan keuntungan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Aug 2018 02:57
Last Modified: 04 Aug 2018 02:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32871

Actions (login required)

View Item View Item