Wijayanti, Grace (2006) FaktorFaktor yang Mempengaruhi SelfEfficacy dalam Mengerjakan Skripsi. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_269_Abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi self-efficacy dalam mengeijakan skripsi ditinjau dari tinggi rendahnya self-efficacy dalam mengeijakan skripsi. Berdasarkan survey awal dari 12 mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. semua mahasiswa tersebut (100%) menyatakan kesulitannya dalam mengeijakan skripsi. Sebanyak 83% mahasiswa menyatakan ketidakyakinan akan kemampuan dirinya dalam mengeijakan skripsi. Beberapa hal penyebab ketidakyakinan mereka: karena tidak percaya diri untuk mencoba. cemas memikirkan skrips~ merasa 'dangkal' dalam teori, takut salahl tidak menemukan teori, minder, dike jar batas waktu skripsi, sering mencontoh karya ternan yang salah, punya banyak kegiatan lain & takut memiliki pemahaman yang salah tentang konsep/ teori. Dua mahasiwa lain (17%) yakin dirinya mampu menyelesaikan skripsi. Hal yang membuat mereka yakin akan kemampuan dirinya: karena merasa selalu lancar dalam mengeijakan skripsi, sej ak awal memilih topik yang dikuasai & mengerti metode yang digunakan, adanya faktor keberuntungan, & memacu diri untuk selalu yakin pada diri sendiri. Subyek penelitian adalah mahasiswa Psikologi Universitas Surabaya. yang telah mengambil mata kuliah skripsi Semester Genap 2005-2006. Jumlah Subyek 41 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified propotionate random sampling. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi self-efficacy dalam mengeijakan skripsi ditinjau dari tinggi rendahnya self-efficacy: a)Mastery Experience: mahasiswa dengan self-efficacy sangat tinggi sampai sedang: memiliki beberapa pengalarnan keberhasilan serta memi!iki beberapa keterampilan & kemampuan penunjang pengerjaan skripsi; pada mahasiswa dengan self-efficacy rendah sampai sangat rendah: tidak memiliki pengalarnan keberhasilan dalam mengeijakan skripsinya; mahasiswa dengan self-efficacy sangat rendah: tidak memiliki keterampilanl kemampuan tertentu untuk menunjang skripsinya; Pada setiap kategori umumnya mengalami tahapan tersulit yang berbeda-beda. Pada kategori tinggi sampai sangat tinggi, kebanyakan merasa kesulitan pada tahapan akhir skripsi, sedangkan pada kategori sedang sampai sangat rendah mengalami kesulitan di awal penelitian.b )Modeling: mahasiswa dengan self-efficacy sangat tinggi: memilih dosen pembirnbing, orang tua & tokoh sukses sebagai figur panutan dalam mengeijakan skripsinya; mahasiswa dengan self-efficacy tinggi: memilih ternan, saudara dan orang yang cepat lulus sebagai panutan dalam mengerjakan skripsinya & pengalaman skripsi dari orang-orang tersebut memberikan pengaruh pada keyakinan diri mereka dalam mengeijakan skripsi; mahasiswa dengan self-efficacy sedang: mernilih pacar sebagai panutan dalam mengeijakan skripsinya; mahasiswa dengan self-efficacy rendah: memilih ternan & orang tua dalam mengeijakan skripsinya; mahasiswa dengan self-efficacy sangat rendah: tidak memiliki figur yang dijadikan panutan dalam mengeijakan skripsinya c)Social Persuasions: Pada mahasiswa dengan self-efficacy sangat tinggi sampai sangat rendah: pada umumnya mendapatkan dukungan dari orang-orang yang dekat dengan dirinya (orang tua. saudara. ternan, pacar, dan lain-lain.d)Physiological Factors: para mahasiswa dengan self-efficacy sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah & sangat rendah pada umumnya sering menderita flu dan pusing ketika mengeijakan skripsinya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa skripsi, self-efficacy. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 02:20 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 02:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32958 |
Actions (login required)
View Item |