Evaluasi Efektivitas Pengendalian Internal dan Analisis Pencatatan Akuntansi pada Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (EMKM) (Studi Kasus Usaha Manufaktur Batu Bata di Lombok)

Restianti, Rahmi (2017) Evaluasi Efektivitas Pengendalian Internal dan Analisis Pencatatan Akuntansi pada Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (EMKM) (Studi Kasus Usaha Manufaktur Batu Bata di Lombok). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4149_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_4149_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/248722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas siklus akuntansi dan pengendalian internal berdasarkan COSO Framework Small Business serta menganalisis pencatatan akuntansi berdasarkan SAK EMKM pada usaha manufaktur batu bata di Lombok. Efektivitas dapat dijadikan tolok ukur atas suatu keberhasilan perusahaan. Usaha manufaktur batu bata perlu menerapkan pengendalian internal yang baik agar kegiatan operasional didalamnya dapat berjalan dengan baik dan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan efektif dengan menggunakan pengendalian internal COSO Framework Small Business. SAK EMKM membantu perusahaan dalam menghasilkan laporan dan catatan keuangan yang berfungsi sebagai tolok ukur sebuah bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian applied research yang bertujuan untuk membantu badan usaha meningkatkan efektivitas siklus akuntansi, pengendalian internal dan pencatatan akuntansi yang baik bagi badan usaha dengan melihat penerapan yang telah dilakukan. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis melakukan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Dari hasil yang didapatkan dalam penelitian ini, pengendalian internal yang diterapkan UD Sejahtera kurang efektif. Salah satu penyebab dari pengendalian internal yang kurang efektif, karena terdapat kelemahan dalam pembagian tanggung ajwab dan wewenang, tidak terdapat aktivitas pencatatan beserta dokumen terkait. UD Sejahtera tidak membuat laporan keuangan, badan usaha hanya melakukan pencatatan pada buku catatan biasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Siklus Akuntansi, Pengendalian Internal, Laporan EMKM.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:28
Last Modified: 14 Aug 2018 02:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32985

Actions (login required)

View Item View Item