-, Steven (2010) Pembuatan Perangkat Lunak Cal untuk Membantu Mahasiswa Mempelajari Tata Cara dalam Berbahasa Inggris. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1280_Abstrak.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Program tutorial adalah sebuah program pembelajaran grammar bahasa Inggris yang telah berjalan sekitar satu tahun di Ubaya Language Center (ULC). Program ini mengajarkan 1 topik berbeda setiap minggunya dan mahasiswa dapat mengikutinya setiap hari saat mereka tidak sedang kuliah. Proses pembelajaran grammar ini terdiri dari empat tahap dimulai dengan pelaksanaan pre test, pengajaran satu topik grammar, pemberian soal latihan, dan yang terakhir adalah pelaksanaan post test. Jumlah mahasiswa yang mengikuti program tutorial ini tidak menentu setiap harinya. Pada hari-hari tertentu mereka datang secara bersamaan dan hal ini menyulitkan pengajar (tutor). Ketika jumlah peserta program melebihi yang diperkirakan, seorang tutor membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencatat kehadiran setiap mahasiswa serta memeriksa hasil jawaban mereka di tahap pre test dan post test. Program tutorial ini setiap harinya secara manual layaknya proses pembelajaran di kelas. Hal ini membuat mahasiswa yang setiap minggunya datang untuk mengikuti program ini merasa jenuh dan akhirnya mulai jarang datang lagi. Selain itu, terkadang mereka juga masih kurang mengerti dengan apa yang dijelaskan tutor karena tidak adanya contoh nyata penggunaan grammar tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka membutuhkan sesuatu yang dapat menarik dan memotivasi mereka dalam mengikuti program tutorial ini.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Lunak Cal, Bahasa Inggris |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 06:55 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 06:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33164 |
Actions (login required)
View Item |