Kumalasari, Diah (2009) Pembuatan Prangkat Lunak Sistem Informasi Pemasaran Obat di Apotek Al Bustaniy. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1206_Abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya bidang usaha yang berkembang saat ini menyebabkan persaingan di dunia usaha semakin ketat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya apotek yang ada di pasaran. Oleh karena itu, Apotek Al Bustaniy menyediakan berbagai macam obat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan konswnen. Maka dari itu, Apotek Al Bustaniy dituntut untuk dapat menerapkan sistem pemasaran yang cocok untuk obat yang dipasarkan serta perlu merencanakan strategi pemasaran yang tepat agar dapat merebut pangsa pasar yang lebih luas. Sistem informasi pemasaran obat ini ditujukan kepada para dokter maupun agen, target dari sistem infonnasi pemasaran ini bukanlah end user. Di Indonesia sistem pencatatan infonnasi masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan kertas. Cara ini telah terbukti mudah bagi kebanyakan orang, tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi sistem ini tidak efisien karena bisa mengalami kesalahan dan tidak akurat. Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak tentunya tidak mudah karena persaingan yang semakin ketat. Untuk itu diperlukan pemasaran yang bagus untuk: dapat memenangkan persaingan. Untuk: dapat melaksanakan pemasaran obat secara maksimal dipengaruhi oleh empat hal strategis yaitu penentuan produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi. Empat hal ini paling berpengaruh dalam menetapkan strategi pemasaran. Kemungkinan terburuk dari kesalahan dalam menetapkan strategi pemasaran adalah perusahaan dapat mengalami kerugian bahkan bisa bangkrut. Untuk: menghindari kesalahan dalam menetapkan strategi pemasaran, maka dibuatlah sebuah program aplikasi sistem informasi pemasaran. Aplikasi ini berbentuk perangkat lunak dengan basis data yang terhubung, sehingga dapat menyimpan berbagai arsip dan informasi yang dibutuhkan oleh apotek. Aplikasi ini mencakup produk, penetapan harga, penentuan lokasi strategis, dan promosi. Untuk proses promosi ada 3 macam yaitu promosi off air, iklan, dan telemarketing. Aplikasi sistem informasi pemasaran yang dibuat tersebut di implementasikan dengan memakai Visual Basic .Net 2005 dan Microsoft SQL Server 2005 sebagai database. Uji coba yang dilakukan untuk aplikasi ini dengan mencoba program apakah sudah sesuai dengan sistem yang dimaksud.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pemasaran Obat |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Information System |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 07:41 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 07:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33197 |
Actions (login required)
View Item |