Analisis Kebutuhan Pelatihan Modifikasi Kurikulum Bagi para Pengajar Sekolah Luar Biasa di YPAC Surabaya

., Desilia (2008) Analisis Kebutuhan Pelatihan Modifikasi Kurikulum Bagi para Pengajar Sekolah Luar Biasa di YPAC Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_333_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_333_Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133482

Abstract

Anak dengan Cerebral Palsy adalah sebuah kondisi dimana anak memiliki kelainan motorik kronis sebagai akibat kerusakan pada syaraf otak mereka. Terjadinya kelainan ini salah satunya juga berdampak pada gangguan motorik bicara. Walaupun memiliki keterbatasan, anak Cerebral Palsy juga membutuhkan pendidikan layaknya anak normal. Hanya saja diperlukan pelayanan secara individual dan pemodifikasian pada komponen kurikulum Dalam hal ini, pengajar tidak hanya dituntut dari segi pengetahuan dan pemahaman, ketrampilan para pengajar juga diperlukan agar penyampaian dapat berjalan dengan efektif. Dalam survey awal terungkap bahwa para pengajar tidak mengetahui cara pengajaran pada anak Cerebral Palsy. hal ini dikarenakan pada saat menjalani pendidikan, pengajar kurang dibekali ketrampilan dan pengetahuan tentang cara memodifikasi kurikulum Nasional sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak Cerebral Palsy. Kurikulum yang adapun memiliki tuntutan yang sangat jauh dari kondisi dan kemampuan anak. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauhmana pengetahuan pengajar terhadap modifikasi kurikulurn dan pelatihan seperti apa yang dibutuhkan oleh pengajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analisis kebutuhan, modifikasi kurikulum, Pengajar, Cerebral Palsy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:38
Last Modified: 28 Aug 2018 05:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33205

Actions (login required)

View Item View Item