Analisis Customer Value Pada Swalayan Golden

Dewi, Meliani (2000) Analisis Customer Value Pada Swalayan Golden. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231216

Abstract

Dewasa ini bisnis retail merupakan salah satu bidang usaha yang banyak diminati dalam hal ini adalah bentuk usaha swalayan sehingga menyebabkan terjadinya persaingan dalam bidang jasa tersebut. Selain itu kebutuhan konsumen juga semakin meningkat. Maka untuk dapat meraih pangsa pasar yang besar, dituntut harus selalu dapat memberikan yang terbaik. sehingga dapat memberikan kepuasan pada konsumen. Untuk itu tidaklah cukup bila pihak pengelola jasa tersebut hanya menawarkan product value saja, tetapi juga perlu memperhatikan service value dan value lain (merek, image, suasana) yang diinginkan oleh konsumen. Sehingga akan diteliti lebih lanjut mengenai value-value tersebut, yang diharapkan dapat memberikan masukan-masukan bagi perkembangan pihak Swalayan Golden. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, dimana kuesioner tersebut terdiri dari dua kuesioner. Kuesioner pertama bertujuan untuk melihat bobot nilai alasan konsumen dan hal-hal yang diutamakan konsumen dalam memilih belanja di Swalayan Golden. Sedangkan kuesioner kedua bertujuan untuk mengetahui karakterisik konsumen, tingkat loyalitas, kesenjangan antara tingkat ekspektasi konsumen dan persepsi konsumen dengan melihat value-value yang ada dan harapan konsumen yang belum ada di Swalayan Golden. Dari analisis-analisis didapatkan, untuk bobot nilai alasan jumlah prosentasenya hampir sama besar untuk product, service dan value lain, hal ini berarti konsumen tidak hanya menginginkan produk fisik saja tetapi juga memperhatikan value/nilai yang lain. Selanjutnya untuk analisis kuesioner II didapatkan, bahwa konsumen Swalayan Golden terdiri dari dua kelompok (Cluster) Cluster 1 merupakan konsumen tingkat loyalitas tinggi, sedangkan cluster 2 konsumen tingkat loyalitas rendah. Mayoritas konsumen cluster 1 konsumen adalah pelajar/mahasiswa, berusia 20-30 tahun, pengeluaran per bulan kurang dari Rp 500.000 dengan lama belanja 15-30 menit. Untuk cluster 2 konsumennya mayoritas adalah ibu rumah tangga berusia lebih dari 40 tahun, pengeluaran per bulan antara Rp 1.500.001 sampai Rp 2.000.000 dengan lama be1anja lebih dari 1 jam. Selain itu, pada cluster 1 dan cluster 2, terdapat kesenjangan antara ekspektasi konsumen dan persepsi konsumen, dimana variable yang ekspektasinya tinggi dan persepsinya rendah perlu diperbaiki yaitu harga produk murah, pelayanan kasir teliti, pramuniaga memberikan pelayanan yang baik, sering memberikan diskon/ bonus/hadiah, pengembalian barang rusak/cacat mudah, juga keluhan dan saran ditanggapi serius. Kemudian untuk analisis harapan lain-lain, konsumen rata-rata setuju dengan variabel-variabel tidak dikenai pajak pembayaran dengan kartu kredit, adanya layanan pesan antar lewat telepon/delivery, dan pembayaran dapat dilakukan dengan debet kartu ATM. Dari hasil analisis tersebut, diharapkan dapat membantu pihak Swalayan Golden dalam memperbaiki layanannya sehingga konsumen puas dan semakin loyal terhadap Swalayan Golden.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 Mar 2013 08:03
Last Modified: 06 Mar 2013 08:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item