Maria, Theopila Ratih Tya (2008) Studi Deskriptif Alat Ukur Evaluasi Proses Pembelajaran di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_318_Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Tuntutan dalam kualitas pendidikan tinggi kini makin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Salah satu cara untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan suatu program yang dapat digunakan untuk mengevaluasi dan mengembangkan kualitas yang dimiliki suatu instansi pendidikan. Program tersebut berupa alat ukur untuk mengevaluasi proses belajar mengajar yang dirancang oleh suatu unit yang bernama quality assurance (QA). Evaluasi proses pembelajaran mengacu pada seluruh ketentuan dan proses yang ditujukan untuk memastikan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan kualitas suatu instansi pendidikan yang dinilai dari proses pembelajaran. Universitas Surabaya (Ubaya) telah memiliki program evaluasi proses pembelajaran tersebut dimana para mahasiswa diminta untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang berlangsung selama satu semester. Berdasarkan survei awal yang dilakukan peneliti, sebanyak 24 mahasiwa dari empat puluh mahasiswa mengatakan bahwa alat ukur evaluasi proses pembelajaran yang dimiliki Ubaya tersebut memiliki beberapa kekurangan, yakni: kurang mendalam, kurang rinci, dan lain-lain. Dari kajian teoretik juga menunjukkan bahwa ada beberapa unsur terkait pembelajaran yang tidak digunakan untuk mengevaluasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menyusun alat ukur evaluasi proses pembelajaran yang baru di Ubaya khususnya di Fakultas Psikologi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 10:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 10:01 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33256 |
Actions (login required)
View Item |