Mahadi, Rani Widawati Putri (2008) Perbedaan Academic Self Efficacy Siswa Kelas XII Jurusan IPA Ditinjau dari Tuntutan Orangtua dan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_317_Abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Penjurusan merupakan proses penempatan dalam pemilihan program pengajaran siswa SMA, berdasarkan bakat, minat dan kemampuan. Ketepatan memilih jurusan dapat menentukan keberhasilan belajar siswa, namun penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Suwanto (2006) menyatakan sebanyak 208 siswa (64%) merasa cemas tidak dapat memahami pelajaran, sehingga membuat siswa tersebut tidak mantap dalam memilih jurusan. Padahal siswa diharapkan memiliki academic self efficacy yang baik guna menunjang keberhasilan belajar. Dari survei awal yang dilakukan pada siswa kelas XI jurusan IPA, diketahui sebanyak 27 siswa dari 45 siswa tidak yakin dengan kemampuan akademisnya, disebabkan adanya tuntutan orangtua untuk berprestasi dan mata pelajaran IPA yang sulit dipahami. Siswa yang dituntut orangtua untuk berprestasi, terlihat merasa cemas dan terbebani, sehingga siswa tersebut tidak memiliki academic self efficacy yang baik. Sebaliknya, siswa yang diberi kebebasan oleh orangtua terlihat memiliki academic self efficacy yang lebih baik, karena tidak ada perasaan terbebani. Selain itu, siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik akan memiliki academic self efficacy yang lebih baik dikarenakan nilai yang diperoleh selama ini selalu memuaskan, keadaan ini berbeda dengan siswa yang memiliki prestasi belajar yang buruk, ia akan memiliki academic self efficacy yang buruk karena nilai yang diperoleh selama ini hanya pas-pasan. Dengan demikian, adanya perbedaan academic self efficacy siswa kelas XII jurusan IPA dapat dilihat dari tuntutan orangtua dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, prestasi belajar, IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 11:25 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 11:25 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33287 |
Actions (login required)
View Item |