Pengaruh Media Exposure Video Artificial Beauty untuk Meningkatkan Tingkat Body Esteem dan Body Image Satisfaction pada Remaja Putri Kota Surabaya

., Nathania (2018) Pengaruh Media Exposure Video Artificial Beauty untuk Meningkatkan Tingkat Body Esteem dan Body Image Satisfaction pada Remaja Putri Kota Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_466_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
S_466_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249814

Abstract

Low body esteem dan body image dissatisfaction merupakan permasalahan sosial yang banyak dialami oleh remaja putri usia 14-17 tahun. Berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, low body esteem dan body image dissatisfaction disebabkan oleh internalisasi standar kecantikan oleh media yang diperkuat oleh lingkungan sosial seseorang. Low body esteem dan body image dissatisfaction dapat berdampak pada gangguan yang bersifat klinis seperti: anorexia nervosa, bullimia, hingga melakukan usaha-usaha ekstrem yang membahayakan kesehatan seperti: operasi plastik, meminum obat pelangsing, penggunaan skincare instan yang tidak terpercaya untuk mencapai standar tersebut. Sementara realita yang ada pada model-model tersebut adalah kecantikan palsu sebagai dampak dari kecanggihan teknologi editingdan makeover wajah serta bentuk tubuh. Melalui intervensi, dapat dilakukan perubahan terhadap ow body esteem dan body image dissatisfaction. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest posttest control group design dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media exposure dan psikoedukasi melalui menguatkan pesan dari media untuk membentuk cognitivedissonance tentang standar kecantikan untuk membentuk percaya diri dan menurunkan tingkat body dissatisfaction pada remaja putri.Eksperimen dilakukan sebanyak 6 kali sesi bertujuan untuk memberikan efek yang bersifat jangka panjang bagi subjek karena pesan yang diberikan dapat lebih terinternalisasi. Pengukuran DV dilakukan denga menggunakan skala body esteem dan skala body image. Hasil penelitian menyatakan adanya pengaruh yang signifikan dari pemberian treatment media exposure dan psikoedukasi terhadap peningkatan body esteem dan body image satisfaction. Namun demikian masih terdapat kelemahan penelitian yang menjadi masukan bagi riset selanjutnya yaitu perlunya replikasi pada sample size yang lebih besar N >= 30 agar generalisasi dapat dilakukan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Artificial Beauty, Media Exposure, Body Image, Body Esteem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:54
Last Modified: 11 Oct 2018 03:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33628

Actions (login required)

View Item View Item