Hubungan Kausalitas Produk Domestik Bruto, Impor Riil dan Impor Barang Modal di Indonesia Periode 2000-2016 dengan Pendekatan Model Analisis Vector Autoregression (VAR)

Dwilaksono, Muhammad Gunawan (2018) Hubungan Kausalitas Produk Domestik Bruto, Impor Riil dan Impor Barang Modal di Indonesia Periode 2000-2016 dengan Pendekatan Model Analisis Vector Autoregression (VAR). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_1912_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
SP_1912_Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Hubungan Kausalitas Produk Domestik Bruto, Impor Riil dan Impor Barang Modal. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah negara Indonesia dengan periode waktu 17 tahun dari 2000 hingga 2016. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode runtun waktu melalui analisis model Vector Autoregression. Hasil menunjukkan adanya hubungan kausalitas antar variabel. Sedangkan pada analisis Variance Decomposition menunjukan kontribusi (presentase) masing-masing variabel yang mana masih didominasi oleh dirinya sendiri kecuali variabel impor barang modal tetap didominasi oleh impor barang migas dan nonmigas. Berdasarkan analisis impulse response dapat dilihat bahwa shock pada variabel impor barang modal tidak menimbulkan pengaruh permanen sedangkan variabel impor bahan baku migas dan nonmigas memiliki pengaruh yang permanen. Hubungan impor terhadap produk domestik bruto menunjukan indikasi kebutuhan pendanaan sebagai pendukung kegiatan impor terutama pada sektor migas dan non migas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Impor, Pertumbuhan Ekonomi, Hubungan Kausalitas, Vector Autoregression.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:04
Last Modified: 06 Nov 2018 04:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33792

Actions (login required)

View Item View Item