Pengaruh Pelatihan Self-Compassion Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Pendamping Anak Berisiko Human Trafficking

PANGESTU, Partika Dhimas (2018) Pengaruh Pelatihan Self-Compassion Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Pendamping Anak Berisiko Human Trafficking. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_444_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_444_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/251649

Abstract

Dalam aktifitas sehari-hari, psychological well-being erat kaitannya dengan kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh seseorang. Dapat dipastikan jika seseorang memiliki kualitas psychological well-being tinggi maka kualitas pekerjaan juga optimal demikian sebaliknya. Hal ini juga berlaku bagi semua orang termasuk para pendamping anak yang memiliki risiko terlibat dalam kasus human traficking. Peran pendamping yang dijalani oleh kedua partisipan cukup rumit, karena selain berkaitan dengan tanggung jawab pekerjaan, jumlah jam kerja yang berlebihan serta lingkungan pekerjaan yang penuh dengan tekanan turut memengaruhi kualitas psychological well-being. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan psychological well-being yang dimiliki oleh pendamping anak, melalui intervensi pelatihan self-compassion yang dilakukan sebanyak tujuh sesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan experiment single case dengan A-B-A design. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini merupakan pendamping anak yang memiliki risiko terlibat dalam kasus human traficking. Alat ukur psychological well-being yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Ryff (1995), disesuaikan dengan kondisi partisipan. Berdasarkan hasil pengukuran psychological well-being pada baseline phase (A1), skor partisipan Meliau 110 dan Sanggau 114. Sedangkan hasil pengukuran di treatment phase (B), skor partisipan Meliau 155 dan Sanggau 138. Pada tahap hasil pengukuran di baseline phase (A2), skor partisipan Meliau 165 dan skor partisipan Sanggau 146. Peneliti menyimpulkan bahwa pelatihan self-compassion terbukti efektif dalam meningkatkan psychological well-being pada pendamping anak yang memiliki risiko terlibat kasus human traficking. Adanya aspek yang tidak berubah pada aspek tujuan hidup pada kedua partisipan karena kondisi yang sudah tinggi sejak awal pemeriksaan, sedangkan perbedaan peningkatan skor pada setiap aspek dipengaruhi oleh waktu yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan self-compassion, psychological well-being, pendamping anak, human traficking.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:26
Last Modified: 27 Nov 2018 07:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33935

Actions (login required)

View Item View Item