Analisis Pengaruh Karakteristik Pasien, Pemberian Informasi Lisan dan Tertulis Terhadap Pengetahuan Pasien Lansia Hipertensi

Wibowo, Ika Mulyono Putri and Wibowo, Yosi Irawati and Setiadi, Antonius Adji Prayitno (2019) Analisis Pengaruh Karakteristik Pasien, Pemberian Informasi Lisan dan Tertulis Terhadap Pengetahuan Pasien Lansia Hipertensi. In: Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia 2019, 13-15 Maret 2019, Bandung. (Unpublished)

[thumbnail of Abstrak_PIT_Ika Mulyono.pdf]
Preview
PDF
Abstrak_PIT_Ika Mulyono.pdf - Presentation

Download (38kB) | Preview

Abstract

Latar belakang:Keberhasilan terapi pada pasien Hipertensi sangat dipengaruhi oleh pengetahuan pasien terkait pengobatannya. Berdasarkan analisis terdahulu, pengetahuan pasien dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dimiliki oleh pasiendanpemberian informasi baik secara lisan maupun tertulis.Tujuan:Penelitian ini bertujuan untukmenilai pengaruh faktor pasiendan pemberian informasi lisan dan tertulis terhadap pengetahuan.Metode:Penelitian ini melibatkan237 pasien lansia rawat jalan yang terdiagnosis Hipertensi di14 Puskesmas di Surabaya Timurdan 13 Puskesmas di Sidoarjo. Pengambilan data dilakukan secara observasionalpada saat proses pemberian informasiobat.Pengumpulan data terkait faktor pasien dilakukan dengan menggunakan kuesioner,dan checklistuntuk mengukur pengetahuan pasien dari hasil pemberian informasitersebut. Data yang diperoleh diolahmenggunakan SPSS untuk dianalsispengaruh faktor-faktor tersebut terhadappengetahuanpasien lansiaHipertensi.Hasil penelitian:Rata-rata pemberian informasi lisan pada pasien lansia adalah 3,14±0,99(dengan rentang skor 0-10)dan pemberian infromasi tertulis adalah 2,88±0,86(dengan rentang skor 0-6), sedangkan rata-rata pengetahuan pasien adalah 8,93±2,44(dengan rentang 0-16). Faktor pasien dan pemberian informasi berpengaruhsignifikanterhadap pengetahuan pasien lansia dengan R2=0,293, p<0,05. Analisis pada masing-masing faktor, menunjukkanbahwafaktor usia, tingkat pendidikan, sosial budaya, pemberian informasi lisan, dan pemberian informasi tertulis berpengaruhsecarasignifikan terhadap pengetahuan (p<0,05).Faktor lingkungan, sumber informasi, dan pengalaman pasien tidak berpengaruh terhadap pengetahuan.Kesimpulan:Pengetahuan pasien lansia dipengaruhi oleh faktor pasien (usia, tingkat pendidikan, sosial budaya) dan pemberian informasi baik lisan maupun tertulis.Pemberian informasi oleh tenaga kefarmasian perlu ditingkatkan.Penelitian lebih lanjut dibutuhkan dengan jumlah sampel yang lebih besar dengan menggunakan settingpelayanan kesehatan lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: pemberian informasi, pengetahuan, faktor pasien, hipertensi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: IKA MULYONO PUTRI WIBOWO
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:37
Last Modified: 24 Mar 2021 16:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item View Item