Analisis Komparasi Daya Saing Ekspor Teh Indonesia Dan Vietnam Serta Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Teh Indonesia

Ratnasari, Devi Eka (2019) Analisis Komparasi Daya Saing Ekspor Teh Indonesia Dan Vietnam Serta Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Teh Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2013_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
SP_2013_Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253170

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan daya saing dari komoditi teh Indonesia dengan Vietnam di pasar global dan juga untuk menganalisis pengaruh Harga ekspor, Produksi, Volume ekspor dan Nilai tukar terhadap daya saing komoditi teh Indonesia. Perbandingan di analisa menggunakan penelitian komparatif dengan metode deksriptif. Data yang digunakan data sekunder dari tahun 2001-2016, mencakup: 1) Kurs rupiah terhadap Dolar Amerika; 2) Harga ekspor teh Indonesia; 3) Jumlah produksi komoditi teh Indonesia; 4) Volume ekspor komoditi Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah: a) Revealed Comparative Advantage (RCA); b) Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA); dan c) Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) komoditas teh Indonesia memiliki daya saing tinggi karena memiliki nilai RCA lebih dari 1, namun daya saing teh Vietnam masih lebih unggul; 2) teh Vietnam masih menguasai pasar dengan nilai DRCA yang terus unggul lebih besar dari 1 sedangkan teh Indonesia semakin kehilangan pasar dikarenakan nilai RCA yang terus mengalami penurunan sehingga menyebabkan nilai DRCA juga terus menurun; 3) harga ekspor dan volume ekspor berpengaruh signifikan terhadap daya saing teh Indonesia di pasar internasional.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, Revealed Comparative Advantage (RCA), Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA), Ekspor, Teh, Nilai Tukar, Harga ekspor, Produksi, Volume ekspor, Analisis Linear Berganda, Indonesia-Vietnam.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 May 2019 03:07
Last Modified: 23 May 2019 03:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item