PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA ATAS JAMINAN BERUPA PIUTANG YANG TIDAK DAPAT DIEKSEKUSI

Widianto, Rezki (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA ATAS JAMINAN BERUPA PIUTANG YANG TIDAK DAPAT DIEKSEKUSI. SAPIENTIAE TV IRTUS. ISSN 2355-343X (Submitted)

[thumbnail of Rezky Widianto_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Rezky Widianto_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of Rezky Widianto_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA.pdf] PDF
Rezky Widianto_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab beberapa permasalahan hukum khusunya dalam hal objek jaminan fidusia berupa piutang yang sering menimbulkan beberapa permasalahan hukum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai bagaimanakah pertangungjawaban pemberi fidusia kepada penerima fidusia saat objek jaminan berupa piutang tidak dapat dieksekusi. Selain itu juga menegenai apakah dalam pelaksanaan jaminan fidusia berupa piutang sudah memberikan perlindungan hukum bagi penerima fidusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan konseptual konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian ini yang pertama adalah bahwa pertanggungjawaban mutlak terdapat pada pemberi fidusia. Hal tersebut tentunya berdasarkan pada perjanjian induk atau pokok yang menjadi dasar adanya hubungan hukum antara pemberi fidusia dan penerima fidusia. Selain itu melihat kembali bahwa jaminan fidusia merupakan perjanjian tambahan. Hasil kedua penelitian ini adalah bahwa Undang-Undang Jaminan Fidusia Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia memang sudah memberikan pengaturan, namun pengaturan tersebut sebatas pengaturan umum saja. Ketentuan terkait perlindungan hukum objek jaminan fidusia berupa piutang yang tidak dapat dicairkan atau dieksekusi masih sangat kurang dan lemah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jaminan Fidusia, Objek Jaminan berupa Piutang, Perjanjian Induk, Pernjajian Tambahan, Penerima Fidusia.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:28
Last Modified: 05 Aug 2019 09:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item