Indahtiningrum, Fitriana (2013) Hubungan Antara Stres Dengan Kecanduan Video Game Pada Mahasiswa Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kecanduan video game adalah kondisi dimana seseorang melakukan kegiatan bermain video game secara berlebihan, berulang kali. Pada penelitian ini terdapat survei awal yang dilakukan yaitu terdapat 12 subjek yang bermain video game untuk menghilangkan stres. Arti stres sendiri adalah kondisi atau situasi yang menyebabkan seseorang menyebabkan terancam atau mengganggu dirinya. Pada hal ini, juga dilihat bahwa kehidupan mahasiswa yang dekat dengan penggunaan komputer dan alat bermain game sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara stres dengan kecanduan video game pada mahasiswa Universitas Surabaya. Teknik analisis menggunakan uji korelasi product moment. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 subjek dengan usia antara 18-25 tahun. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan Incidental Sampling dengan karakteristik sample adalah bermain video game dalam sehari minimal mencapai 5-6 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres dengan kecanduan video game (0,016; p<0,05). Adanya hubungan antara sumber stres dengan kecanduan video game karena kecanduan video game merupakan perilaku pengalihan (coping escape-avoidence) dari stres dan individu mendapatkan keuntungannya juga. Pada penelitian ini juga dilihat dari sumber stres yang terdapat hubungan dengan kecanduan video game (0,007; p<0,05) dilihat dari frustrasi, konflik, perubahan karena kondisinya merupakan pengalaman subjek yang terhambat ketika mencapai tujuan. Tekanan diri dengan tekanan merupakan kondisi yang tidak mendukung adanya hubungan sumber stres tersebut karena merupakan kondisi subjek yang masih memiliki peluang utnuk mencapai tujuan. Penelitian ini juga mempunyai hasil antara reaksi stres dengan kecanduan video game (0,08; p>0,05). Hasil yang menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan, dikarenakan perilaku bermain video game merupakan bentuk lain atau alternatif lain yang termasuk dalam reaksi stres.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres, Coping Stres, Kecanduan Video Game |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 07:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2013 07:30 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3604 |
Actions (login required)
View Item |