Jaya, Brian Kurniawan (2019) Perancangan Playset Suku Adat di Indonesia (Studi Kasus : Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Selatan). [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
DMP_272_Abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Indonesia Terdiri Dari Berbagai Suku. Indonesia dikenal dengan Bangsa yang majemuk, dimana banyak suku, ras, agama dan budaya ada di Indoensia. Berangkat dari adat istiadat di Indonesia yang beragam, tiap – tiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat dan rumah adat daerah yang beraneka ragam. Tiap – tiap suku tersebut memiliki karakteristik dan pemahaman yang berbeda. Keberagaman nilai budaya yang didukung oleh setiap suku telah mengembangkan aneka ragam Kebudayaan. Suatu negara tidak akan menjadi negara yang besar jika tidak mengetahui jati diri dari budaya negara tersebut. Tanpa ada kebudayaan, suatu negara tidak dapat mempunyai cirikhas di mata dunia. Di Indonesia sendiri belum memiliki mainan yang dapat terjual dipasaran luar negeri. Padahal produk play set dari luar negeri banyak terjual di toko – toko mainan di Indonesia. Penulis melihat adanya peluang untuk merancang play set yang menunjukan kebudayaan Indonesia, dan diperjualbelikan dalam pasar luar negeri. Perancangan ini menarik untuk dibuat karena merupakan sarana bermain dan sarana mainan koleksi yang baru. Belum ada pasar mainan adat asli Indonesia yang menembus pasar luar negeri. Untuk itu penulis akan merancang play set yang memperkenalkan karakteristik orang Indonesia dari suku tertentu, untuk menanamkan pengetahuan berbudaya dan memenuhi peluang pasar yang ada di luar negeri.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | playset, budaya, peluang, mainan, suku adat. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 08:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 08:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36338 |
Actions (login required)
View Item |