Kinski, Bryan (2018) Pembuatan Aplikasi Pembelajaran : Pemahaman Soal Cerita dengan Contoh Kasus pada Sekolah Dasar Gloria Kelas 4. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_2033_Abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dimengerti pada anak-anak tahapan kelas 4 SD. Kesulitan ini terutama disebabkan ketidak pahaman pada soal cerita. Kesulitan tentang pemahaman materi matematika dapat dihubungkan dengan teori belajar kognitif yang menekankan bagaimana seseorang dapat mengerti persepsi dan lingkungannya. Tugas ahir ini melakukan perbandingan dari dua aplikasi yang ada, dan menghubungkan teori dasar dengan kebutuhan sistem yang digunakan. Desain aplikasi pada tugas akhir ini menekankan pada penampilan soal dalam bentuk yang menarik, dan memudahkan pengguna dalam menghubungkan sodal dan penjelasannya. Pada tahapan akhir aplikasi diujikan secara langsung pada anak kelas 4 SD, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap soal dan materi yang ada. Hasil pengujian membuktikan siswa menunjukkan tingkat pengertian yang baik terhadap soal dan materi yang diberikan dalam aplikasi tersebut, terbukti pada saat tahapan analisa hanya 16.67% siswa yang berada pada rentang nilai 80-100 sedangkan pada tahapan pengujian semua siswa berada pada rentang 80-100.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pembelajaran, soal cerita, matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:02 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36354 |
Actions (login required)
View Item |