Formulasi Minuman Fungsional Effervescent Antioksidan Ekstrak Etanol Biji Kurma (Phoenix dactylifera)

Jayani, Nikmatul Ikhrom Eka and Sawu, Sirilus Deodatus (2019) Formulasi Minuman Fungsional Effervescent Antioksidan Ekstrak Etanol Biji Kurma (Phoenix dactylifera). Jurnal Ilmu Kefarmasian (JIFI). (Unpublished)

[thumbnail of draf artikel masih dalam proses review] PDF (draf artikel masih dalam proses review)
FULLTEXT_ NIKMATUL IKHROM EKA JAYANI_Formulasi Minuman Fungsional Effervescent Antioksidan Ekstrak Etanol Biji Kurma (Phoenix dactylifera) sent.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only until 1 January 2020.

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Kandungan fenolik dan flavonoid pada biji kurma relatif tinggi yang sejalan dengan aktivitas antioksidannya. Pemanfaatan biji kurma sebagai produk olahan pangan belum terlalu banyak. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan formula optimal minuman fungsional effervescent dengan aktivitas antioksidan. Metode penetapan kadar fenolik dengan menggunkan reagen Folin Ciocalteu dan baku asam galat. Penetapan kadar flavonoid menggunakan pereaksi AlCl3 dan baku quercetin. Uji efektivitas antioksidan dengan metode DPPH. Formula sediaan minuman fungsional serbuk effervescent dibuat dalam tiga formula yang dibedakan pada konsentrasi asam sitrat dan asam tatratnya. Hasil yang diperoleh diketahui serbuk effervescent ekstrak etanol biji kurma mempunyai kandungan total fenolik sebesar 637.27 ± 1.06 mg GAE/100 g, kandungan flavonoid total sebesar 595.08 ± 1.26 mg QE/100 g, serta diperoleh nilai IC50 sebesar 747.17 ppm. Formula optimal sediaan minuman fungsional effervescent pada penelitian ini adalah formula III dengan konsentrasi asam sitrat 8.33% dan asam tartrat 16.67%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: minuman fungsional, biji kurma, antioksidan, serbuk effervescent.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: NIKMATUL IKHROM EKA JAYANI
Date Deposited: 11 Nov 2019 04:07
Last Modified: 10 Feb 2023 04:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36651

Actions (login required)

View Item View Item