Pengaruh Penamaan Produk oleh Konsumen terhadap Purchase Intention dengan Psychological Ownership sebagai Mediator

Putri, Belinda Herina (2019) Pengaruh Penamaan Produk oleh Konsumen terhadap Purchase Intention dengan Psychological Ownership sebagai Mediator. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1355_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1355_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257114

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penamaan produk dengan purchase intention dengan psychological ownership sebagai mediator. Pada penelitian ini, partisipan berjumlah 40 orang mahasiswa dengan usia minimal 18 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengambilan data dengan cara metode eksperimen dengan membandingkan perbedaan rerata tiap kelompok. Pengumpulan data menggunakan perlakuan dan kuesioner yang berisi data demografi, angket terbuka, dan alat ukur yang digunakan adalah Purchase Intention dan Psychological Ownership yang telah diadaptasi oleh peneliti. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistic, uji beda paired t-test, path analysis untuk menganalisis mediator serta crosstabs. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : (1) Product naming dengan metode self-naming memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan purchase intention melewati psychological ownership. (2) Product naming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (Mself-name = 13.90, p<0.05). (3) Product naming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap psychological ownership (Mself-name = 14.90, p<0.05). Hal ini berarti bahwa ketika konsumen berpartisipasi dalam pembuatan produk, maka konsumen akan secara tidak langsung merasa memiliki produk tersebut yang akan bisa meningkatkan minat pembelian. Penelitian ini dapat diterapkan ke masyarakat luas untuk memperkenalkan produk baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Product naming, Self-name, Purchase Intention, Psychological Ownership
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:51
Last Modified: 07 Jan 2020 07:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36959

Actions (login required)

View Item View Item