Laporan Kerja Lapangan Upaya dalam Menangani Service Failure pada Antavaya Tour and Travel

Kusiki, Calvin (2019) Laporan Kerja Lapangan Upaya dalam Menangani Service Failure pada Antavaya Tour and Travel. Working Paper. Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

[thumbnail of LKLM_119_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
LKLM_119_Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/256926

Abstract

Guna mempertahankan reputasi yang baik, AntaVaya Tour and Travel dapat memprioritaskan layanan yang berkualitas. Akan tetapi pada kenyataan yang ditemukan di lapangan ditemukan adanya kekurangan-kekurangan pada pelayanan yang mengindikasikan terjadinya kegagalan layanan yang dilakukan oleh pihak Antavaya tour and travel kepada pelanggannya. Tujuan praktik kerja lapangan ini adalah untuk dapat membuat desain service recovery dalam mengatasi service failure pada AntaVaya Tour. Berdasarkan hasil praktek kerja lapangan yang telah dilakukan, maka ditemukan Kegagalan jasa (service failure) terkait dengan lambatnya respon karyawan melayani pelanggan yang diakibatkan koneksi internet terputus sehingga timbul tidak efisiensinya waktu bekerja, mengingat banyak pekerjaan yang dikerjakan membutuhkan online. Demikian sarana prasarana yang kurang memadai seperti ketersediaan meja kerja yang kurang memadai. Juga terdapat kekecewaan konsumen dikarenakan kekuranglengkapan data dari konsumen yang ingin mengurus visa, menyebabkan sering kembali guna menyerahkan dokumen. Upaya yang dilakukan adalah Service Recovery dan Product dengan penambahan operator dan software guna menekan faktor lupa dari customer yang menyebabkan customer harus datang lagi ke kantor Antavaya. Demikian juga konsumen menerima hak sesuai selesai mengurus VISA sesuai waktu yang dijanjikan. Namun kenyataannya tidak demikian terdapat keterlambatan-keterlambatan yang ada yang menyebabkan agenda kegiatan konsumen menjadi dibatalkan dan merugikan konsumen. Juga perlu adanya respon positif saat terjadi kesalahan perusahaan dengan mengucapkan permohonan maaf terlebih dahulu sambil mencari solusi yang terbaik.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Service Failure, Service Recovery and Product
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2020 06:55
Last Modified: 04 Feb 2020 06:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37245

Actions (login required)

View Item View Item