STRATEGI PEMASARAN MUSEUM DENGAN PENDEKATAN VALUE INNOVATION: STUDI KASUS PADA MUSEUM ANGKUT KOTA BATU

Pradana, Andik (2020) STRATEGI PEMASARAN MUSEUM DENGAN PENDEKATAN VALUE INNOVATION: STUDI KASUS PADA MUSEUM ANGKUT KOTA BATU. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL ADMINISTRASI PUBLIK & CALL FOR PAPER: KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DI DAERAH. PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS GALUH, Ciamis, pp. 6-12. ISBN 978-623-90353-2-7 (Submitted)

[thumbnail of Andik Pradana_STRATEGI PEMASARAN MUSEUM.pdf]
Preview
PDF
Andik Pradana_STRATEGI PEMASARAN MUSEUM.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan museum di Indonesia terkendala oleh tidak adanya antusias masyarakat untuk berkunjung. Oleh karena itu, museum perlu memiliki dan menjalankan strategi pemasaran yang menawarkan nilai-nilai superior kepada masyarakat sehingga masyarakat berminat mengunjungi museum. Penelitian ini dilakukan di Museum Angkut, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk menjamin terciptanya nilai superior, maka perancangan strategi menggunakan pendekatan value innovation yang diusung dalam Blue Ocean Strategy (Kim dan Mauborgne, 2016). Value curve museum di Indonesia dan Museum Angkut dipetakan berdasarkan observasi, sedangkan value curve pengunjung Museum Angkut dipetakan berdasarkan studi pengunjung melalui pencatatan data statistika, focus group discussion, dan survey berdasarkan kuisioner. Dengan membandingkan ketiga value curve dan menganalisanya dengan pendekatan value innovation, maka value curve baru dapat direkonstruksi sebagai dasar dari strategi pemasaran Museum Angkut. Dua prinsip dalam value curve baru ini adalah peningkatan program pelayanan serta penciptaan keaktifan Museum Angkut menjangkau pengunjung. Tujuan dari strategi pemasaran ini adalah terciptanya value innovation, yakni Museum Angkut dapat menawarkan nilai superior kepada pengunjung dan menekan biaya operasional karena tingkat kunjungan yang meningkat.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: museum, strategi pemasaran, Blue Ocean Strategy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 26 Feb 2020 05:54
Last Modified: 10 Mar 2020 01:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/37479

Actions (login required)

View Item View Item