Perspektif Customer Experience Dalam Pengelolaan Rumah Majapahit Desa Bejijong Di Mojokerto

Christanto, Gunawan (2020) Perspektif Customer Experience Dalam Pengelolaan Rumah Majapahit Desa Bejijong Di Mojokerto. SENAMA 2020.

[thumbnail of 02 Jurnal Gunawan Christanto_134117502.pdf]
Preview
PDF
02 Jurnal Gunawan Christanto_134117502.pdf

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of LOA PUBLIKASI.pdf]
Preview
PDF
LOA PUBLIKASI.pdf

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Gunawan Christanto_001.jpg]
Preview
Image (JPEG)
Gunawan Christanto_001.jpg

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif customer experience dalam pengelolaan Rumah Majapahit di Desa Bejijong. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan fenomena yang menjadi pertanyaan dari penelitian ini serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap fenomena yang diteliti terkait customer experience. Customer experience merupakan sebuah hal yang harus dikelola oleh penyedia jasa untuk menciptakan persepsi positif atas layanan. Namun, yang menjadi kendala adalah sifat dari pengalaman dan persepsi itu sendiri adalah subjektif. Hal ini dipengaruhi oleh faktor “ekspektasi”. Perbedaan antara ekspektasi dan persepsi kemudian akan menimbulkan “kesenjangan”. Kemudian untuk menjelaskan fenomena yang terjadi, penelitian ini menggunakan metode secara kualitatif dengan paradigma fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pandangan pengelola dan wisatawan terhadap kegiatan yang mengacu pada tiga kondisi yaitu sebelum layanan diberikan atau nikmati, saat proses penyampaian layanan dan ketika layanan telah diberikan atau nikmati. Pada penelitian ini terdapat berbagai macam persepsi wisatawan terhadap layanan yang diberikan. Namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana fenomena tersebut terjadi di Rumah Majapahit Desa Bejijong. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya merancang sebuah layanan yang dapat meminimaliri persepsi negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pariwisata desa, pengalaman pelanggan, layanan, mengelola
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Gunawan Christanto
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:08
Last Modified: 24 Mar 2021 16:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38043

Actions (login required)

View Item View Item