Hubungan Source Credibility dengan Exploratory Buying Behavior Tendencies pada Produk Kuliner Selebriti

Octafianingsih, Hesti (2020) Hubungan Source Credibility dengan Exploratory Buying Behavior Tendencies pada Produk Kuliner Selebriti. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1398_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1398_Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/258996

Abstract

Berkembangnya industri kuliner di Indonesia menjadi sebuah peluang bagi para pelaku bisnis, tidak terkecuali selebriti. Bisnis kuliner milik selebriti menghasilkan sebuah produk yang menjadi “trend” di masyarakat. Ketika selebriti meluncurkan produk kuliner barunya, salah satu hal yang harus diperhatikan oleh konsumen ialah source credibility dari selebriti tersebut. Source credibility merupakan karakteristik positif dari komunikator, dimana ia dapat mempengaruhi penerimaan pesan dari komunikan melalui pemberian pernyataan yang valid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara source credibility dengan exploratory buying behavior tendencies pada produk kuliner selebriti. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode survei. Partisipan dalam penelitian ini adalah manasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2017-2019 dengan usia 17-20 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah skala Exploratory Buying Behavior Tendencies (EBBT) dan skala source credibility. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara source credibility dengan exploratory buying behavior tendencies (r = -0.049, p > 0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketika konsumen membeli suatu produk kuliner milik selebriti, kredibilitas bukanlah suatu hal yang dipertimbangkan, terutama dalam kategori produk low involvement. Konsumen tidak begitu mempertimbangkan variasi dan pengarian informasi terkait produk yang akan dibeli.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Exploratory buying behavior tendencies, source credibility, produk kuliner selebriti.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:39
Last Modified: 27 Oct 2020 03:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38310

Actions (login required)

View Item View Item