Accounting Irrelevance: Dimensi Affect Heuristic pada Formulasi Harga Jual Badan Usaha Retail

Karina, Karina and Pontjoharyo, Wiyono (2021) Accounting Irrelevance: Dimensi Affect Heuristic pada Formulasi Harga Jual Badan Usaha Retail. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9 (2). pp. 223-240. ISSN 2338-1507; E-ISSN 2541-061X

[thumbnail of Wiyono Pontjoharyo_Accounting Irrelevance.pdf] PDF
Wiyono Pontjoharyo_Accounting Irrelevance.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/vi...

Abstract

Orang-orang seringkali menerima informasi lebih banyak dari pembelajaran di masa lalu. Pengalaman dan kepercayaan dari kegiatan lampau seringkali menjadi pengaruh yang kuat dalam putusan. Semakin unik objek penilaian, semakin khas penilaian yang diberikan. Objek yang istimewa mengundang teknik-teknik yang khusus dalam penilaian, termasuk affect heuristic. Berbekal pengalaman dan kepercayaan, affect heuristic memudahkan aktivitas pencarian informasi dalam aktivitas penilaian. Penelitian eksplanatori ini berusaha menjelaskan peran affect heuristic terhadap penetapan harga pada objek penilaian yang tidak terlalu istimewa dan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu produk-produk elektronik. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, fenomenologi, penelitian ini berusaha mengakuisisi pola pikir dan kesadaran pelaku-pelaku objek penelitian untuk memperoleh penjelasan mengenai harga jual. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam keterbatasan yang menyebabkan informasi akuntansi tidak relevan dalam pengambilan putusan harga jual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Accounting; Affect Heuristic; Pricing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Karina
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:13
Last Modified: 17 Nov 2023 04:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38757

Actions (login required)

View Item View Item