Naufal, Mohammad Farid and Huda, Solichul and Budilaksono, Aryo and Yustisia, Wisnu Aria and Arius, Astri Agustina and Miranti, Fania Alya and Prayoga, Farrel Arghya Tito (2021) Klasifikasi Citra Game Batu Kertas Gunting Menggunakan Convolutional Neural Network. Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi, 20 (1). pp. 166-174. ISSN 2356-2579
PDF
Naufal_Klasifikasi Citra Game Batu Kertas Gunting.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permainan batu, gunting, dan kertas sangat populer di seluruh dunia. Permainan ini biasanya dimainkan saat sedang berkumpul untuk mengundi ataupun hanya bermain untuk mengetahui yang menang dan yang kalah. Namun, perkembangan zaman dan teknologi mengakibatkan orang dapat berkumpul secara virtual. Untuk bisa melakukan permainan ini secara virtual, penelitian ini membuat model klasifikasi citra untuk membedakan objek tangan yang menunjuk batu, kertas, dan gunting. Performa metode klasifikasi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam kasus ini. Salah satu metode klasifikasi citra yang populer adalah Convolutional Neural Network (CNN). CNN adalah salah satu jenis neural network yang biasa digunakan pada data klasifikasi citra. CNN terinspirasi dari jaringan syaraf manusia. Algoritma ini memiliki 3 tahapan yang dipakai, yaitu convolutional layer, pooling layer, dan fully connected layer. Uji coba 5-Fold cross validation klasifikasi objek tangan yang menunjuk citra batu, kertas, dan gunting menggunakan CNN pada penelitian ini menghasilkan rata-rata akurasi sebesar 97.66%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan batu, gunting, dan kertas, Convolutional neural network (CNN). Klasifikasi Citra |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | MOHAMMAD FARID NAUFAL |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 06:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 14:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38902 |
Actions (login required)
View Item |