Clarissa, Fionna (2020) Perancangan Permainan Edukasi Matematika Berbasis Early Numeracy Curriculum untuk Anak Retardasi Mental. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
DMP_308_Abstrak2.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Salah satu keterbatasan anak-anak dengan retardasi mental adalah kemampuan intelektual, tak terkecuali salah satu cabang subjeknya yaitu matematika. Pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dan dilakukan secara formal cenderung kurang sesuai dengan gaya belajar anak-anak retardasi, sehingga mereka memerlukan metode khusus dalam pengajaran, salah satu metode yang baik untuk proses berpikir mereka adalah dengan memberi stimulus bermain. Proses bermain ini kemudian diaplikasikan kedalam kurikulum belajar matematika sederhana khusus untuk anak retardasi mental yaitu Early Numeracy Curriculum. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang permainan edukasi matematika berbasis early numeracy curriculum. Penelitian dilakukan dengan melakukan metode kualitatif wawancara, observasi, dan studi perilaku untuk mengetahui karakteristik belajar anak retardasi mental, dan menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap segi desain dan gaya visual. Hasil penelitian adalah satu set board game dengan sebutan Numbo dan satu produk varian berupa satu set permainan dengan sebutan Numbo Match. Menurut hasil survei reaksi pasar, permainan ini cukup disukai dan anak- anak cukup antusias dalam bermain. Adapun beberapa hal yang perlu dikembangankan kedepannya untuk meningkatkan kinerja produk. Diharapkan permainan ini dapat membantu anak-anak retardasi untuk melatih keterampilan matematika.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | retardasi mental, permainan edukasi, early numeracy curriculum |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 06:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38918 |
Actions (login required)
View Item |