Yuwanto, Listyo (2018) Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Siaga Bencana. In: Seminar Nasional Pendidikan 2018: Pendidikan Inklusi dan Pengelolaan Manajemen Pendidikan Formal dan Nonformal untuk Menciptakan Pendidikan Bermutu, Adil dan Merata, 14 Juli 2018, Semarang.
PDF
Listyo Yuwanto_Prosiding Pemanfaatan Teknologi_2018.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indonesia memiliki tingkat risk bencana yang tinggi disebabkan hazards dan vulnerability yang tinggi. Risk dapat dikurangi melalui program pengurangan risiko bencana dengan penurunan vulnerability melalui pendidikan siaga bencana. Pendidikan siaga bencana dapat diberikan kepada siswa sejak usia dini melalui pemanfaatan teknologi. Tulisan ini akan menggambarkan penerapan pemanfaatan tekonologi program 3D Earthquake bagi siswa Sekolah Dasar dalam pendidikan siaga bencana gempa bumi. Program 3D Earthquake memanfaatkan data penginderaan jauh satelit dan sistem informasi geografis. Melalui program 3D Earthquake siswa dapat mempelajari istilah teknis gempa, lokasi gempa, kesejarahan gempa di Indonesia, kekuatan gempa, dampak gempa dan persiapan menghadapi gempa bumi. Melalui program 3D Earthquake sebagai bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan siaga bencana diharapkan siswa menjadi lebih siap dalam menghadapi bencana dan sekaligus sebagai agen perubahan. Program 3D Earthquake sebagai metode pendidikan siaga bencana sesuai untuk karakteristik siswa yang termasuk pada generasi z atau alpha. Pemanfaatan program 3D Earthquake untuk pendidikan siaga bencana didiskusikan lebih lanjut.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi, program 3D Earthquake, pendidikan siaga bencana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:25 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 11:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39102 |
Actions (login required)
View Item |