Iswara Dyaksa, Satriya (2020) Hubungan Materialism dan Money Attitude dengan Perilaku Compulsive Buying Sepatu. [Undergraduate thesis]
PDF
S_604_Abstrak.pdf Download (37kB) |
Abstract
Dalam lingkungan remaja terjadi suatu kebiasaan untuk mengikuti mode atau trend terbaru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara materialism, money attitude dengan perilaku compulsive buying pada 296 mahasiswa/i yang berasal dari Universitas di Surabaya dengan rentang usia 18-22 tahun. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif survei dengan memakai alat ukur materialism scale (Richins, 1992), money attitude scale (Yamauchi dan Templer, 1982), dan compulsive buying sclae (Valence, 1988), serta menggunakan uji hipotesis non-parametrik, dengan uji korelasi Kendall’s tau_b. Hasil dari penelitian ini menemukan tidak adanya hubungan yang signifikan dari materialism, money attitude dengan compulsive buying. Tetapi bila dilihat dari tiap aspek dari variabel penelitian ditemukan adanya hubungan seperti materialism dengan aspek postpurchase guilt, Acquisition centrality dengan compulsive buying, aspek acquisition centrality dengan tendency to spend, Money attitude dengan tendency to spend, aspek power prestige dengan compulsive buying, Power prestige dengan tendency to spend, distrust dengan reactive aspect. Sehingga individu yang menganggap bahwa peran uang sangat besar didalam kehidupannya, mereka akan cenderung untuk melakukan pembelian yang berlebihan dan adanya dorongan dari dalam diri sendiri untuk memenuhi rasa puas saat memiliki barang tersebut.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | compulsive buying, materialism, money attitude. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | DONA PUSPITA BIANTARI |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 08:31 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 08:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39130 |
Actions (login required)
View Item |