., Erawati (2001) Pengaruh Warna Etiket dan Warna Produk Manisan Mangga Terhadap Ketertarikan Konsumen. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Berkembangnya dunia usaha yang diiringi dengan bertambahnya produsen produsen baru menyebabkan konsumen menghadapi berbagai pilihan merek produk yang semakin beragam. Hal ini menimbulkan konsekuensi bahwa suatu produk harus tampil menarik agar disukai konsumen, karena tampilan produk juga menjadi penilaian bagi konsumen. Unsur yang banyak digunakan untuk menarik konsumen adalah warna, baik warna pengemasan maupun warna produk. Warna memiliki dampak psikologis yang sangat berpengaruh pada persepsi dan sistem afektif maupun kognitif manusia, sehingga apabila digunakan dengan tepat pada suatu produk akan dapat menciptakan dampak yang diinginkan. Untuk etiket, yang merupakan suatu bentuk pengemasan khusus, yang penting diperhatikan adalah penggunaan warnanya, dimana setiap warna yang digunakan akan merupakan suatu stimulus yang menentukan dalam menarik konsumen. Sementara itu, warna juga sangat penting untuk produk yang berupa makanan, karena dapat mempengaruhi persepsi terhadap rasa dari makanan. Pewarna tambahan banyak digunakan pada berbagai jenis makanan dengan tujuan agar menjadikan makanan terlihat menarik. Sebaliknya, harus juga mempertimbangkan aspek higienis dari makanan, yang dapat ditonjolkan dengan tidak digunakannya bahan pewarna buatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan analisis data gabungan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan membuat empat jenis produk manisan mangga dengan paduan warna etiket dan warna produk manisan mangga yang berbeda untuk setiap produk. Terdapat dua jenis etiket, yaitu warna warni dan putih. Sementara untuk manisan mangga juga terdapat dua jenis, yaitu manisan mangga kuning dan manisan mangga tanpa pewarna. Terdapat tiga jenis variabel dalam penelitian ini, dua variahel bebas, yaitu warna etiket dan warna produk, satu variabel tergantung, yaitu ketertarikan konsumen, dan empat variabel yang dikontrol untuk produk, yaitu rasa, jumlah dan ukuran, kecacatan, dan harga produk. Subyek dari penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil pada tempat-tempat pemasaran produk yang diteliti. Data diperoleh dengan menggunakan empat buah angket tertutup dan terbuka yang secara keseluruhan berjumlah 27 pernyataan dengan sifat mendukung. Selain angket, juga digunakan teknik pengambilan data dengan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan distribusi frekuensi, t-test, dan uji kai kuadrat. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa warna etiket dan warna produk sangat menentukan ketertarikan, baik untuk melihat, mencoba, maupun membeli produk. Alasan-alasan ketertarikan atau ketidaktertarikan terhadap warna etiket dan warna produk tertentu sangat beragam. Etiket yang dianggap menarik adalah etiket warna warni, sedangkan manisan mangga yang menarik adalah manisan mangga kuning. Selain hasil tersebut juga diperoleh hasil yang cukup menarik, yaitu mengenai proses penentuan pilihan yang melibatkan aspek kognitif dan afektit dimana keputusan yang diambil lebih banyak ditentukan oleh aspek kognitif. Terungkap juga adanya disonansi kognitif dan stereotipe yang turut mempengaruhi pilihan produk. Secara umum, dapat dikatakan bahwa warna dari etiket maupun warna dari produk akan sangat menentukan ketertarikan dari konsumen.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 02:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2013 02:28 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3916 |
Actions (login required)
View Item |