Persepsi Konsumen Terhadap Kartu Simpati

Ferdasari, Ika (2001) Persepsi Konsumen Terhadap Kartu Simpati. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148952

Abstract

Persepsi sangat berpengaruh dalam pemasaran suatu produk dimana kepercayaan kepercayaan, gagasan-gagasan dan kesan-kesan konsumen terhadap suatu produk menghasilkan sikap dan tindakan yang diambil terhadap suatu produk tersebut. Logikanya, apabila suatu produk berhasil dipersepsi dengan tepat dibenak konsumen, maka konsumen akan menyikapi positif produk tersebut dan selanjutnya akan lebih besar kemungkinan untuk membeli produk tersebut dibanding apabila produk tersebut disikapi negatif. kemungkinan persepsi konsumen yang terbentuk akan berbeda dengan pencitraan yang diinginkan. Penelitian ini mencoba menganalisa persepsi konsumen terhadap kartu Simpati. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu Simpati, sampel yang diambil sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah incidental sampling dan cara pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, dimana subyek diminta menuliskan persepsi mereka terhadap kartu simpati, penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah respon keseluruhan kemudian dilakukan turus untuk menentukan respon terbanyak dan hasilnya menunjukkan ada 8 respon terbanyak yaitu : 1. Jaringan luas, 2. Harga kartu perdana mahal, 3. Banyak fasilitas, 4. Konsumen membutuhkan fasilitas SMS, 5. Biaya relatif murah, 6. Roaming merugikan saya, 7. Sinyalnya bagus, 8. Lebih mahal dibandingkan kartu GSM lain. Dari 8 respon tersebut kemudian dipetakan dengan MultidimensionalScaling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap kartu Simpati terbagi dalam 4 kuadran. Kuadran I : kombinasi price & facility dan benefit /loss, kuadran II : kombinasi benefit I loss dan utility. Kuadran ill : kombinasi utility dan cost, kuadran IV : kombinasi cost dan price &facility. Hasil ini menunjukkan bahwa persepsi yang muncul sesuai dengan positioning yang ditetapkan pada kartu Simpati. Namun pelayanan (service) belum dapat dipersepsi dengan baik oleh pengguna kartu Simpati. Kesesuaian berkaitan dengan manfaat produk. Seperti halnya price & facility, utility, cost dan benefit I loss. Simpati memang diposisikan memiliki kelebihan fitur fitur serta konsentrasi pada wilayah cakupan (coverage), kapasitas sambungan (capacity), biaya (cost), mutu jaringan (quality). Saran penulis bagi peneliti selanjutnya sebaiknya membandingkan pula dengan kartu pra-bayar lain dan memperhitungkan letak merek yang satu dengan yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 26 Jul 2013 02:00
Last Modified: 26 Jul 2013 02:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item View Item