Risnayani, Virmigia (2001) Evaluasi keefektifan Komunikasi Dalam Membangun Citra Perusahaan Pada Radio 104,75 SCFM Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Maraknya gelombang radio FM (Frequency Modulation) dengan pendatang baru menjadikan semakin ketatnya persaingan dalam memperebutkan target pendengar. Radio-radio yang baru muncul dalam kurun waktu 2 tahun ini sejak tahun 1999 melakukan positioning yang sangat tajam dibanding pendahulunya SCFM sebagai pemain lama yang saat awal berdirinya dianggap telah melakukan segmentasi tajam menemukan segmen pendengarnya kini harus terbagi dengan beberapa radio baru di jalur FM. Menyikapi fenomena diatas, penelitian ini ingin melakukan evaluasi terhadap proses komunikasi massa yang selama ini dijalankan SCFM kepada pendengarnya Proses komunikasi yang dilakukan untuk membangun citra perusahaan tersebut dilakukan melalui manifestasi format siaran ke dalam program-program acara serta melalui penyebutan station call, yaitu kalimat identitas radio sebagai jiwa seluruh proses siaran. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara terhadap 30 pendengar SCFM baik yang sudah pernah berinteraksi langsung ke SCFM maupun yang belum pernah. Wawancara untuk pengisian angket terdiri dari dua bagian yaitu untuk mengisi data demografis dan psikografis, lalu data sikap atau evaluasi terhadap lima program acara andalan versi SCFM (Liputan 6 Petang, 'Surabaya Round Up', 'Saturday Morning Show', 'Thank God It's Friday', dan 'Sex Talk'). Uji asumsi yang dilakukan pada data penelitian adalah Uji Homogenitas dan Uji Nonnalitas. Kemudian data kuantitatif diolah dengan instrumen Anava Satu Jalur pada SPSS 7,5 for Windows dan data kualitatif diolah dengan statistik sederhana untuk memperoleh data frekuensi. Hasil penelitian menyarankan bahwa dari lima program andalan yang diteliti hanya 'Saturday Morning Show' dan 'Liputan 6 Petang' yang beberapa aspeknya mendapat penilaian menonjol baik secara positif manpun negative. Hasil pembuktian hipotesis mengenai Station Call menunjukkan adanya dukungan terhadap pembentukan citra karena sebagian besar responden memberikan respon positif terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan Station Call. Jadi, meskipun responden sudah mengenali apa dan bagaimana SCFM ingin dikenal oleh pendengarnya, hal tersebut belum didukung dengan manifestasi format siaran yang tepat pada program acaranya sehingga program-program tersebut belum mencerminkan citra SCFM yang diharapkan perusahaan. Penelitian ini memiliki beberapa kelemahan seperti jumlah responden yang sedikit dan karakter responden yang relatif homogen mempengaruhi hasil angket. Kemudian metode pembuatan angket yang tidak sesuai dengan hakikat penulisan angket juga potensial menimbulkan bias yang patut diwaspadai. Hasil penelitian ini membuka peluang untuk penelitian-penelitian lanjutan. Isu pertama yang bisa diteliti adalah tingkat kekhususan citra SCFM yang selama ini disampaikan kepada pendengar berkaitan dengan munculnya pesaing baru. Kemudian yang bisa diteliti juga adalah karakter setiap program acara dan bagaimana sumbangannya terhadap pembentukan citra perusahaan secara keseluruhan. Isu terakhir yang disarankan untuk diteliti lebih lanjut adalah bagaimana peran faktor off air perusahaan ini dalam pembentukan citra organisasi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 03:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2013 03:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3981 |
Actions (login required)
View Item |